Wijaya, Andrew Cornelius (2023) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Financial Leverage, Persentase Penawaran Saham kepada Publik, dan Reputasi Underwriter terhadap Underpricing. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (706kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (150kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (91kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Underpricing merupakan kondisi ketika harga saham pada saat penawaran perdana lebih rendah dibandingkan dengan harga saham pada saat penutupan hari pertama di pasar sekunder. Perusahaan menjadikan underpricing sebagai strategi untuk menetapkan harga penawaran yang rendah, sehingga saham perusahaan yang ditawarkan dapat habis terjual dan dana yang yang dibutuhkan dapat terkumpul seluruhnya. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas yang diproksikan oleh net profit margin, financial leverage yang diproksikan oleh debt to equity ratio, persentase penawaran saham kepada publik, dan reputasi underwriter terhadap underpricing. Objek penelitian pada penelitian ini adalah perusahaan go public sektor non keuangan yang melakukan penawaran perdana/Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia pada periode 2018 2021. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan dengan data sekunder yang diuji menggunakan metode regresi linier berganda. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 perusahaan yang telah memenuhi kriteria. Hasil penelitian ini adalah (1) persentase penawaran saham kepada publik berpengaruh positif signifikan terhadap underpricing, (2) ukuran perusahaan, profitabilitas, financial leverage, dan reputasi underwriter tidak berpengaruh terhadap underpricing, (3) ukuran perusahaan, profitabilitas, financial leverage, persentase penawaran saham kepada publik, dan reputasi underwriter secara simultan berpengaruh terhadap underpricing. Perusahaan dapat meningkatkan persentase saham yang ditawarkan kepada publik sehingga dana yang diperoleh dari hasil IPO akan semakin besar. Selain itu banyaknya saham yang ditawarkan perusahaan akan semakin banyak saham yang beredar di publik sehingga saham akan semakin likuid untuk diperjualbelikan di pasar dan akan menarik ketertarikan investor untuk memiliki saham tersebut. Ketika investor memiliki minat terhadap saham perusahaan, maka akan berdampak pada meningkatnya harga saham di pasar sekunder sehingga menyebabkan terjadinya underpricing.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | ukuran perusahaan, profitabilitas, financial leverage, persentase penawaran saham kepada publik, reputasi underwriter, underpricing |
Subjects: | 300 Social Sciences > 330 Economics > 332 Financial Economics (Shares, Investment) |
Divisions: | Faculty of Business > Accounting |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 11 Mar 2023 09:02 |
Last Modified: | 24 May 2023 04:54 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23824 |
Actions (login required)
View Item |