Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Kualitas Audit terhadap Manajemen Laba

Winata, Carlin (2023) Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Kualitas Audit terhadap Manajemen Laba. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai manajemen laba sebagai variabel dependen. Variabel independen penelitian ini terdiri dari 4 yaitu profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, dan kualitas audit. Objek penelitian ini adalah perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) secara berturut- turut selama tahun 2017-2021. Sampel pada penelitian ini ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria yaitu perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) secara berturut-turut selama tahun 2017-2021, menerbitkan laporan keuangan yang telah diaudit oleh auditor independen secara berturut-turut selama tahun 2017-2021, mempublikasikan laporan keuangan yang berakhir 31 Desember secara berturut-turut selama tahun 2017-2021, dan mengalami laba positif secara berturut-turut selama tahun 2017-2021. Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian ini adalah (1) profitabilitas tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, (2) ukuran perusahaan tidak berpengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen laba, (3) leverage tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, (4) kualitas audit tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, dan (5) profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, dan kualitas audit secara simultan berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: leverage, kualitas audit, manajemen laba, profitabilitas, ukuran perusahaan.
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Accounting
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:03
Last Modified: 24 May 2023 05:44
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23832

Actions (login required)

View Item View Item