Perancangan Jalur Transisi sebagai Ruang Edukasi Candi Borobudur dengan Pendekatan Arsitektur Naratif

Kurniawan, Jordi (2023) Perancangan Jalur Transisi sebagai Ruang Edukasi Candi Borobudur dengan Pendekatan Arsitektur Naratif. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (52kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)

Abstract

Candi Borobudur yang terletak di Jawa Tengah merupakan monumen Buddha terbesar di dunia. Borobudur memegang status sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO atas Nilai Universal Luar Biasa (OUV) yang terkandung. Lebih lanjut, Borobudur merupakan peta spiritual untuk menggapai potensi tertinggi kehidupan manusia. Borobudur Edu Space bertindak sebagai ruang edukasi pada jalur transisi yang mengarahkan pengunjung untuk menemukan dan mengalami esensi dari narasi dan nilai-nilai Borobudur, sebelum memasuki mandala Borobudur yang sakral. Borobudur Edu Space (BES) dirancang sebagai ruang edukasi yang mampu mentransmisikan narasi Borobudur secara kognitif melalui fasilitas visitor center dan secara spiritual melalui narrative space. Rancangan dilakukan dengan pendekatan arsitektur naratif yang terdiri dari prinsip linking, structuring, dan framing. Linking dilakukan dengan menggali konteks Borobudur yang bersumber pada Kitab Suci Sang Hyang Kamahayanikan dan relief-relief naratif Borobudur. Structuring dilakukan dengan melakukan pemaknaan pada konteks dan diterjemahkan dalam kebutuhan ruang. Framing dilakukan dengan mengatur alur dan suasana ruang sesuai dengan konteks. Penerapan arsitektur naratif selain berfungsi sebagai penyampaian narasi Borobudur juga menjadi ruang transisi dari zona profan menuju zona sakral Borobudur. BES juga memegang peran dalam kontrol arus pengunjung agar terkendali di bawah angka maksimal kapasitas fisik candi. Dengan demikian, BES mampu menjawab tantangan isu konservasi fisik dan non-fisik Candi Borobudur dan melakukan pengembangan Taman Wisata Candi Borobudur yang peka akan multifaset Borobudur.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Borobudur, ruang edukasi, ruang transisi, arsitektur naratif
Divisions: Faculty of Art & Design > Architecture
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:03
Last Modified: 11 Mar 2023 10:03
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23834

Actions (login required)

View Item View Item