Makna Menjadi Seorang Jurnalis bagi Perempuan di Indonesia: Studi Fenomenologi pada Jurnalis Pemula dan Madya

Valencia, Evita (2023) Makna Menjadi Seorang Jurnalis bagi Perempuan di Indonesia: Studi Fenomenologi pada Jurnalis Pemula dan Madya. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (890kB)

Abstract

Bekerja di media tidak pernah lepas dari adanya perbedaan gender. Profesi di media dikaitkan dengan laki-laki. Kinerja di media sebagai jurnalis, yang meliputi melakukan riset, menentukan topik berita, menghubungi narasumber, dan beberapa tugas lainnya, umumnya dianggap sebagai pekerjaan yang maskulin dimana jumlah jurnalis perempuan sebanyak 2.480 orang (36,87%) sedangkan sisanya sebanyak 4.247 orang (63,13%) didominasi oleh jurnalis laki-laki. Dari angka tersebut peneliti akan mendalami alasan perempuan menjadi seorang jurnalis melalui rangkaian metode fenomenologi yang menggunakan wawancara mendalam agar mendapatkan jawaban yang mendalam akan motif dan makna jurnalis bagi perempuan tersebut. Peneliti melakukan wawancara dengan empat narasumber yang mempunyai jabatan yang berbeda dan satu diantaranya bekerja di media yang berbeda. Kemudian peneliti mendapatkan analisis bahwa setiap narasumber yang mempunyai latar belakang keluarga maupun pendidikan yang berbeda, mereka mempunyai alasan serta faktor internal dan eksternal dalam memilih menjadi jurnalis. Selain itu peneliti juga mewawancarai seluruh narasumber yang sudah mempunyai keluarga seperti seorang suami atau anak. Alasan mereka juga berbeda karena ada faktor keluarga kecil tersebut. Pada hasil penelitian ini, ke empat narasumber mempunyai jawaban yang beragam, makna dan motif menjadi jurnalis masing-masing narasumber di dorong oleh faktor internal dan eksternal.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: jurnalis perempuan, peran ganda, media
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:06
Last Modified: 21 Jun 2023 01:36
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23852

Actions (login required)

View Item View Item