Evaluasi dan Perancangan Solusi Prototipe ERP pada PT XYZ

Ananda, Ananda (2022) Evaluasi dan Perancangan Solusi Prototipe ERP pada PT XYZ. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (773kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

PT XYZ memiliki sistem ERP yang mereka bangun sendiri. Sistem ERP ini belum pernah dilakukan evaluasi UX,dengan alasan PT XYZ ingin lebih fokus dalam penambahan fitur. Selain itu Penelitian didasari pada masalah PT XYZ yang ingin mengembangkan fitur komisi pada sistem ERP yang dimilikinya. Perhitungan komisi yang saat ini berjalan pada PT XYZ dilakukan secara manual menggunakan excel. Penelitian ini di dasari masalah dan belum pernahnya dilakukan evaluasi UX dari sistem ERP PT XYZ. penelitian ini menggunakan metode User Experience Questionnaire atau dikenal dengan UEQ untuk melakukan evaluasi dan analisa dari User Experience sistem ERP yang dimiliki oleh PT XYZ. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan cara membagikan kuisioner UEQ kepada para karyawan yang bekerja dan menggunakan sistem ERP pada PT XYZ. Pengambilan data dilakukan secara online. Kuisioner berupa google form yang dibagikan lewat sosial media kepada para karyawan pengguna sistem ERP tersebut. Hasil evaluasi yang didapat diukur berdasarkan nilai mean dan juga benchmark dari pengalaman pengguna Ketika menggunakan sistem ERP. Hasil evaluasi dan analisa yang di dapat mendapatkan nilai benchmark bad. Setelah dilakukan evaluasi dan analisa maka akan dilakukan pembuatan prototipe dengan acuan aspek attractiveness, efficiency, dan novelty. Setelah dilakukan pembuatan prototipe dengan menggunakan Odoo 14 yang telah dikustomisasi dan ditambahkan modul baru. Selanjutnya dilakukan UAT dengan metode blackbox dan evaluasi kembali dengan metode yang sama yaitu UEQ namun isi kuisioner hanya berisi pertanyaan yang terkait dengan aspek attractiveness, efficiency, dan Novelty. Setelah dilakukan evaluasi dan analisa dari prototipe yang dibuat. setelah dilakukan evaluasi Kembali didapatkan nilai benchmark untuk aspek novelty yang lebih baik pada prototipe di bandingkan dengan sistem ERP yang digunakan oleh PT XYZ sekarang. Prototipe sistem mendapatkan nilai benchmark Excellent pada aspek attractiveness, efficiency, dan novelty dimana terdapat kenaikan nilai yang signifikan dari nilai benchmark sebelumnya didapatkan yaitu bad pada setiap aspek attractiveness, dependability, efficiency, perspicuity,novelty, dan stimulation.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Enterprise Resource Planning (ERP), Evaluasi, Odoo ERP suite, User Experience Questionnaire (UEQ).
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.2 Systems Analysis and Design, Information Architecture, Performance Evaluation
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:07
Last Modified: 05 Jul 2023 03:11
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23860

Actions (login required)

View Item View Item