Perancangan Buku Ilustrasi mengenai “Toy Rotation” sebagai Alternatif untuk Memaksimalkan Tumbuh Kembang Balita Usia 1-5 Tahun

Safa Maura, Latisa (2023) Perancangan Buku Ilustrasi mengenai “Toy Rotation” sebagai Alternatif untuk Memaksimalkan Tumbuh Kembang Balita Usia 1-5 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Mainan jauh lebih penting daripada yang kita pikirkan. Mainan dapat menciptakan fokus, koordinasi mata-tangan, dan membantu mengembangkan keterampilan motorik sejak usia dini. Metode oleh Montessori yang disebut toy rotation merupakan sistem untuk membatasi jumlah mainan, agar anak tidak merasa kewalahan dalam aktivitas bermain. Dengan observasi dari orang tua, mainan yang kurang membuatnya tertarik atau bosan akan diganti atau dirotasi pada waktu tertentu dengan tipe mainan lain. Sistem rotasi mainan ini sudah populer di Amerika Serikat, namun masih minim informasi tentangnya di Indonesia. Perancangan buku ilustrasi mengenai toy rotation bertujuan untuk mengedukasi para ibu untuk memperkaya intelektual mereka tentang aktivitas bermain yang praktis dan bagaimana menerapkan sistem rotasi mainan untuk meningkatkan tumbuh kembang balita. Metode yang digunakan dalam penelitian untuk mengumpulkan data adalah melalui survei, wawancara, focus group discussion, dan studi referensi. Dari tahapan yang sudah dilakukan melalui the design process, penulis melalukan orientasi dan analisis terhadap masalah keterlambatan perkembangan, serta ide dan konsep untuk mendesain hasil akhir perancangan yaitu buku ilustrasi toy rotation. Selain buku, media promosi dan merchandise dirancang untuk mendukung media utama.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Montessori, mainan, anak
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 002 The book (writing, libraries, and book-related topics)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:10
Last Modified: 10 Oct 2023 01:32
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23883

Actions (login required)

View Item View Item