Novaren Wijaya, Alvin (2023) Pemaknaan Perokok Sosial di Kalangan Generasi Z dalam Konteks Interaksi Simbolik. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (658kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (208kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (185kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (755kB) |
Abstract
Kegiatan rokok yang mayoritas telah dilakukan oleh masyarakat generasi Z, khususnya para remaja yang masih mencari jati diri terpengaruh oleh lingkungannya yang merupakan perokok. Individu yang awalnya bukan perokok, menjadi perokok sosial karena terpengaruh oleh lingkungannya sudah menganggap rokok sebagai identitas dengan sesama perokok. Individu yang merokok ini menganggap bahwa tindakan merokok adalah kegiatan yang biasa dilakukan dan memiliki makna. Hal ini didukung dari iklan iklan rokok Indonesia yang menampilkan visual pria maskulin dan bercitra bad boy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan perokok sosial di kalangan generasi Z dalam konteks interaksi simbolik (mind, self, society). Penelitian ini mengacu pada teori interaksi simbolik milik George Herbert Mead, yang mana pembahasannya juga akan ke arah konsep diri (self-concept) dan self-fulfilling prophecy. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan jenis pendekatan kualitatif, bersifat deskriptif, dan metode etnometodologi. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi langsung yang akan dilakukan peneliti, wawancara, dan dokumentasi dalam bentuk perekaman audio maupun video. Melalui hasil observasi, terdapat kesimpulan bahwa perkumpulan perokok memaknai rokok sebagai gaya hidup, simbol pertemanan, bercitra bad boy, dan maskulinitas.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Teori interaksi simbolik, identitas perokok sosial, citra bad boy. |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 11 Mar 2023 09:12 |
Last Modified: | 28 Apr 2023 06:07 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23895 |
Actions (login required)
View Item |