Perancangan Promosi Program Akuisisi Pengetahuan Lokal Penerbit BRIN dalam Upaya Meningkatkan Brand Awareness

Felicia Ultama Malondong, Keysha (2023) Perancangan Promosi Program Akuisisi Pengetahuan Lokal Penerbit BRIN dalam Upaya Meningkatkan Brand Awareness. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kehadiran open access di era penerbitan modern dapat diwujudkan dengan pengaplikasian sistem Open Monograph Press (OMP) yang menjadi langkah awal bagi penulis atau pembuat karya untuk dapat memublikasikan hasil tulisan atau karya mereka untuk dapat diakses secara terbuka. Penerbit BRIN sebagai lembaga penerbitan yang berada dalam naungan pemerintah juga turut serta dalam pemanfaatan sistem OMP yang dihadirkan kepada masyarakat dalam sebuah Program Akuisisi Pengetahuan Lokal dalam bentuk buku dan audiovisual. Dengan memanfaatkan platform yang telah tersedia, penulis membuat rancangan promosi, dalam bentuk iklan, untuk Program Akuisisi Pengetahuan Lokal. Dari perancangan promosi tersebut, diharapkan kesadaran masyarakat terhadap program akuisisi meningkat, semakin aware dan bahkan memutuskan untuk berpartisipasi dalam program. Peningkatan kesadaran terhadap program akusisi Penerbit BRIN diukur oleh penulis berdasarkan pemaparan konsep tingkatan kesadaran merek (level brand of awareness) yang dicetuskan oleh Aaker (1991). Konten promosi pada Instagram Penerbit BRIN menghasilkan dampak yang positif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap program akuisisi yang ada. Setelah dua minggu publikasi konten, data insight dari hasil post konten promosi hasil karya memang tidak sepenuhnya dapat memenuhi target dari Key Performance Indicator (KPI) yang dirancang oleh penulis sendiri namun mampu melampaui jumlah engagement dari konten promosi serupa yang sebelumnya dilakukan oleh Penerbit BRIN untuk periode program akuisisi terdahulu.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Brand Awareness, Copywriting, Iklan
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:12
Last Modified: 18 Apr 2023 08:53
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23897

Actions (login required)

View Item View Item