Sherin Putri Salim, Natasya (2023) Mitos Kecantikan Wanita Indonesia melalui Video Instagram TV (IGTV) Make Over "Beauty All Ways". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (490kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Mitos kecantikan merupakan suatu konsep atau standarisasi kecantikan yang dipercaya oleh wanita serta menjadi ideologi kecantikan bagi wanita di Indonesia. Hal ini menjadi suatu permasalahan utama yang akhirnya dilihat oleh beberapa merek kecantikan dan mencoba untuk mengubah mitos kecantikan tersebut. Penelitian berjudul "Mitos Kecantikan Wanita Indonesia melalui IGTV Make Over "Beauty All Ways" "bertujuan untuk menemukan tanda yang digunakan dan bagaimana mitos kecantikan tersebut direpresentasikan dalam iklan ini. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dan menggunakan paradigma kontruktivis. Penelitian ini juga menggunakan metode penelitian semiotika Roland Barthes untuk menganalisis pemaknaan denotasi, konotasi, dan mitos. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan tanda melalui kajian sintagmatik dan paradigmatik bahwa konsep dan standarisasi yang sekarang dipercaya oleh masyarakat menjadi suatu beban dan kesedihan bagi wanita yang tidak sesuai dengan standar tersebut. Iklan ini juga menunjukkan mitos kecantikan yaitu semua wanita dengan warna kulit apapun berhak untuk bersinar dan menjadi cantik dengan menggunakan riasan wajah yang sesuai dengan warna kulit wanita tersebut.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Standar Kecantikan, Iklan Kecantikan, Semiotika Roland Barthes. |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 640 Home and Family Management > 646 Sewing, Clothing, Dressmakers, Tailor, Accessories, Grooming > 646.7 Grooming, Make Up, Cosmetics |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 11 Mar 2023 09:13 |
Last Modified: | 10 May 2023 06:45 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23901 |
Actions (login required)
View Item |