Perbedaan Pola Konsumsi Media: Generation Gap dan Gender

Dwitomo Evendi, Fablius (2023) Perbedaan Pola Konsumsi Media: Generation Gap dan Gender. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (680kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (693kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang begitu cepat di zaman sekarang memiliki pengaruh besar terhadap dunia jurnalistik. Pemberitaan yang dulu hanya sekadar tulisan dan foto di sebuah kertas, kini sudah memiliki banyak bentuk baru. Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk mengikuti perkembangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat perbedaan pola konsumsi media dari pandangan generation gap dan gender. Beberapa penelitian menemukan bahwa generasi yang lebih tua dapat mengikuti perkembangan teknologi serta membuat tidak ada perbedaan pola konsumsi media dari perspektif generasi. Tetapi, ada juga penelitian yang menunjukan bahwa terdapat perbedaan pola konsumsi media karena generasi tua lebih nyaman dengan teknologi yang sudah menjadi kebiasaan mereka dalam mengonsumsi berita dari dulu. Penelitian ini kemudian menggunakan metode survei untuk melihat apakah terdapat perbedaan pola konsumsi media dari generasi dan gender. Pola konsumsi media juga dibagi menjadi tiga, yaitu media televisi, portal berita/website, dan media sosial. Partisipan merupakan masyarakat yang masuk ke dalam generasi z, generasi millennial, generasi x, dan generasi baby boomer yang berdomisili di JABODETABEK. Berdasarkan hasil dari jawaban responden, terdapat perbedaan dari durasi konsumsi berita televisi, portal berita/website, dan media sosial oleh masing-masing generasi. Selain itu, frekuensi juga menjadi ukuran bagi pola konsumsi media masing-masing generasi. Untuk perspektif gender, masing-masing gender memiliki perbedaan yang beragam dari setiap generasi. Dalam konteks gratifikasi, terdapat satu perbedaan pola konsumsi media dari perspektif generasi. Generasi z, millennial, dan x merasa bahwa media sosial bukan tempat yang cocok untuk memenuhi gratifikasi personal integrative, mereka juga tidak setuju bahwa televisi merupakan media yang tepat untuk memenuhi kebutuhan social integrative. Sebaliknya, generasi baby boomer merasa bahwa media sosial bisa memenuhi kebutuhan personal integrative, dan televisi bisa memenuhi kebutuhan gratifikasi social integrative. Simpulan yang didapat dari penelitian ini adalah, terdapat perbedaan pola konsumsi media oleh masing-masing generasi, dan juga terdapat perbedaan pola konsumsi media oleh laki-laki dan perempuan dari setiap generasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: generation gap, gender, pola konsumsi media, televisi, portal berita, media sosial
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 170 Ethics > 178 Ethics of consumption
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 305 Groups of People (Incl. social identity, Discrimination, Gender Equality, Social Status) > 305.3 Gender Groups
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:15
Last Modified: 15 Jun 2023 02:15
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23915

Actions (login required)

View Item View Item