Representasi Primordialisme Budaya dalam Iklan Layanan Masyarakat Kemenkes (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Byron Agathon, Dionysius (2023) Representasi Primordialisme Budaya dalam Iklan Layanan Masyarakat Kemenkes (Analisis Semiotika Roland Barthes). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (905kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (114kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Iklan menjadi medium penyampaian pesan dengan tujuan dan maksud tertentu. Pada penelitian ini, iklan layanan masyarakat menjadi konsentrasi utama dalam pembahasan Iklan layanan masyarakat yang disampaikan Kementrian Kesehatan mempunyai tujuan utama sebagai penyampaian pesan kesehatan dan kewaspadaan terhadap Covid-19. Namun, dibalik iklan tersebut terdapat suatu realitas berupa representasi dari Primordialisme di dalamnya. Primordialisme dapat menganggu kehidupan bermasyarakat yang plural. Penelitian ini menggunakan objek berupa video "Tidak Mudik SAYANGI KELUARGA" oleh Kementrian Kesehatan karena terdapat suatu sikap Primordialisme yang ditunjukan. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan dan mendapatkan pemaknaan melalui simbol yang disampaikan dalam bentuk audio dan visual. Penelitian ini mempunyai sifat kualitatif deskriptif dengan paradigma yang digunnakan adalah paradigma konstruktivis. Penelitian ini juga dianalisis dengan konsep semiotika dari Roland Barthes, pemaknaan pada tahap denotasi, konotasi dan lima kode pembacaan tanda. Hasil penelitian yang ditunjukan bahwa Primordialisme direpresentasikan melalui penggunaan bahasa dalam potongan adegan pada iklan. Secara spesifik pada penggunaan bahasa yang ditunjukan adalah Bahasa Jawa dan Bahasa Palembang. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa representasi Primordialisme selalu ditunjukan melalui kelekatan budaya terutama pada letak bahasa di tiap karakter pada iklan layanan masyarakat Kementrian Kesehatan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Iklan Layanan Masyarakat, Representasi, Primordialisme, Semiotika Roland Barthes
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:16
Last Modified: 15 Apr 2023 08:06
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23917

Actions (login required)

View Item View Item