Perancangan Buku Foto "Sequoia": Pesona Suku Dayak dalam Balutan Fesyen

M. Sirait, Lourenza. (2022) Perancangan Buku Foto "Sequoia": Pesona Suku Dayak dalam Balutan Fesyen. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kebudayaan Indonesia sangatlah beragam akan keindahannya untuk diulik namun daya tarik tersebut tidak menjadikannya diminati oleh generasi muda seperti tren budaya asing yang masuk ke Indonesia, mirip dengan isu limbah pakaian (fast fashion) yang telah lama digaungkan bersama dengan gerakan fesyen berkelanjutan yang cukup menarik perhatian namun perlu memperhatikan konsistensi dalam pelaksanaannya jika ingin mencapai tujuan yang telah dibuat. Generasi muda memiliki stigma tersendiri pada budaya Indonesia, mereka cenderung berpikir bahwa hal tersebut terlalu kuno dan kaku jika ingin diterapkan dalam keseharian zaman sekarang yang modern. Sebenarnya hal tersebut dapat dibantah jika dikemas dalam bentuk kolaborasi membuat terobosan dalam menciptakan tren kebudayaan Indonesia yang trendy dan modern namun tetap memperhatikan esensi yang ingin dituju bersama yaitu melestarikan budaya Indonesia. Oleh karena itu, melalui skripsi berbasis karya "Sequoia" ini ingin memberikan pemahaman atau edukasi melalui karya sustainable fashion dalam teknik upcycling bahwa melestarikan budaya Indonesia harus berjalan bebarengan dengan pengembangan ide kreatif dalam pelaksanaannya, apalagi jika menyasar kepada generasi muda. Hadirnya photobook ini ingin membuka wawasan para pembaca terkait kolaborasi dari generasi muda sebagai pewaris budaya Indonesia sangatlah diperlukan, melalui kreativitas tanpa batas dan inovasi yang berkelanjutan diharapkan dapat terus menggaungkan isu pelestarian budaya bersama dengan isu ­ isu lainnya dengan cara yang relevan dan menarik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kebudayaan, fast fashion, fesyen berkelanjutan, upcycling, pelestarian budaya
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:16
Last Modified: 28 Apr 2023 00:44
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23918

Actions (login required)

View Item View Item