Elvia, Elvia (2023) Perancangan Kampanye mengenai Peranan Suami pada Ibu Hamil dalam Pencegahan Postpartum Depression. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (942kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (670kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (265kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Postpartum depression adalah jenis gangguan mental yang mempengaruhi terjadi setelah dua minggu atau lebih pasca kelahiran anak. Setiap ibu memiliki risiko mengalami postpartum depression akibat perubahan hormon yang terjadi didalam tubuh ibu setelah kelahiran anak. Perubahan hormon mempengaruhi perubahan emosi dan pikiran sang ibu. Pada masa-masa inilah sang ibu membutuhkan banyak dukungan dari orang terdekat seperti keluarga dan teman-temannya. Namun postpartum depression memiliki persepsi buruk dari masyarakat Indonesia, bahkan saat ini gangguan mental dianggap sebagai hal aib ataupun disebabkan oleh takhayul. Untuk memeriksa kebenaran persepsi tersebut dari masyarakat Indonesia terutama suami, penulis melakukan metode penelitian wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian membuktikan bahwa suami kurang memberikan dukungan kepada ibu ketika mengalami postpartum depression. Hal itu dikarenakan mayoritas suami kurang memahami konsep postpartum depression dan melihat hal itu hanyalah stress biasa yang bisa menghilang dalam kurun waktu. Mereka bahkan tidak tahu risiko postpartum depression dan bahaya yang dapat membahayakan sang ibu. Maka dari itu, penulis merancang kampanye mengenai dukungan suami pada ibu hamil berumur 26-35 tahun dalam pencegahan postpartum depression di DKI Jakarta. Metode yang digunakan dalam proses perancangan adalah menggunakan metode Robin Landa beserta metode AISAS untuk strategi kampanye. Penulis juga menggunakan metode penelitian studi existing pada kampanye yang diselenggarakan dengan tujuan menganalisis strategi komunikasi kampanye-kampanye tersebut.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Kampanye, postpartum depression, dukungan, suami, persepsi |
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 11 Mar 2023 09:21 |
Last Modified: | 05 Sep 2023 01:02 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23950 |
Actions (login required)
View Item |