Analisis Proses Adaptasi Budaya Mahasiswa/mahasiswi Rantau dalam Mengatasi Culture Shock (Studi Kasus Mahasiswa/mahasiswi UMN Daerah Sulawesi Tengah)

Febianti Naim, Fartin (2023) Analisis Proses Adaptasi Budaya Mahasiswa/mahasiswi Rantau dalam Mengatasi Culture Shock (Studi Kasus Mahasiswa/mahasiswi UMN Daerah Sulawesi Tengah). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)

Abstract

Keberagaman memberikan keunikan dari setiap individu, dalam perbedaan yang ditampilkan mampu mengenali identitas seseorang ataupun kelompok dari ciri khas yang diterapkan. Sehingga dari keberagaman yang ada, bagaimana individu mampu beradaptasi terlebih lagi masuk dalam rana lingkungan baru tidak heran mengalami kejutan dari kebiasaan yang berbeda atau culture shock. Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki berbagai macam suku, ras, agama, dan adat istiadat, yang ada sejak turun temurun dan masih diyakini sampai saat ini, dari sambang sampai mauroke terbagi atas beberapa daerah, provinsi, kabupaten dan pulau-pulau dalam satu negara Bhineka Tunggal Ika. Salah satu penyebab terjadinya culture shock adanya masalah-masalah yang dianggap sepeleh bahkan tidak penting yang justru memiliki arti dan makna dari setiap individu dalam suatu wilayah apalagi masyarakat Indonesia yang memiliki beraneka ragam budaya dan adat istiadat. Culture shock atau gegar budaya, merupakan suatu keadaan yang mampu merubah pola pikir atau perilaku individu, hal ini dilakukan agar mampu bertahan dalam lingkungan yang ditempati oleh individu tersebut bagaimana individu mampu menyesuaikan dan diakui dalam suatu kelompok baru. Konsep yang digunakan dalam pembuatan laporan ini ialah Larry Samovar (2013, p.8) mengenai komunikasi antar budaya, Allo Liliweri (2013) mengenai penerapan budaya dalam arti yang luas, Edward Twitchell Hall (2016, p. 83) mengenai komunikasi antar budaya dan masih banyak teori lainnya mengenai komunikasi antar budaya. Kendala utama dalam proses pembuatan laporan adalah pencarian informan dalam sampel yang akan diujikan. Setelah dari apa yang telah dilakukan dalam proses adaptasi budaya yang dilakukan oleh mahasiswa/mahasiswi UMN daerah Sulawesi Tengah dapat menjadi tolak ukur dan mampu memberikan pengalaman dan kesan yang baik dari apa yang telah dilalui.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Mahasiswa/mahasiswi Daerah Sulawesi Tengah, Culture Shock, Mahasiswa/mahasiswi Rantau, Proses Adaptasi Budaya 8 Analisis Proses Adaptasi Budaya Mahasiswa/mahasiswi Rantau Dalam Mengatasi Culture Shock (Studi Kasus Mahasiswa/mahasiswi Daerah Sulawesi Tengah)
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:26
Last Modified: 18 Apr 2023 08:28
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23973

Actions (login required)

View Item View Item