Pengaruh Good Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Solvabilitas terhadap Peringkat Obligasi (Studi pada Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020)

Lanang Wibisono, Markus (2023) Pengaruh Good Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Solvabilitas terhadap Peringkat Obligasi (Studi pada Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (124kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Peringkat obligasi memberikan gambaran terkait kinerja perusahaan yang digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan bagi investor. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari Good Corporate Governance (GCG), ukuran perusahaan, profitabilitas, dan solvabilitas terhadap peringkat obligasi. Objek penelitian ini yaitu perusahaan sektor non-keuangan yang menerbitkan obligasi dan telah diperingkat oleh PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO), serta terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling dan pengujian dilakukan dengan menggunakan metode regresi logistik ordinal. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 18 perusahaan non-keuangan yang memenuhi kriteria. Hasil penelitian ini adalah (1) Good Corporate Governance (GCG) memiliki pengaruh positif signifikan terhadap peringkat obligasi, (2) ukuran perusahaan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap peringkat obligasi, (3) profitabilitas memiliki pengaruh positif signifikan terhadap peringkat obligasi, (4) solvabilitas memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap peringkat obligasi. Perusahaan dapat meningkatkan ukuran perusahaannya untuk mendapatkan peringkat obligasi yang tinggi. Hal ini disebabkan semakin besar total aset yang dimiliki perusahaan mengindikasikan bahwa kegiatan operasional perusahaan akan berjalan semakin produktif yang akan meningkatkan penjualan dalam memperoleh laba dan digunakan untuk membayar kewajiban bunga beserta pokoknya yang membuat peringkat obligasi menjadi tinggi. Selain itu, dengan ROA yang semakin tinggi mengindikasikan bahwa perusahaan lebih efisien dalam menggunakan asetnya dalam memperoleh laba sehingga perusahaan dapat melunasi kewajiban bunga dan pokok obligasi dengan tepat waktu yang dan membuat peringkat obligasi tinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Good Corporate Governance, Profitabilitas, Solvabilitas, Ukuran Perusahaan.
Subjects: 300 Social Sciences > 320 Political science > 320 Political Science (Government Management) > 320.3 Comparative Government
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.1 Organizations > 658.15 Financial Management
Divisions: Faculty of Business > Accounting
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:31
Last Modified: 22 May 2023 01:40
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24004

Actions (login required)

View Item View Item