Analisis Self-Disclosure Perempuan Married by Accident (Studi Kasus Mahasiswi yang Melanjutkan Kuliah)

Alfiyah Pratiwi, Risandi (2023) Analisis Self-Disclosure Perempuan Married by Accident (Studi Kasus Mahasiswi yang Melanjutkan Kuliah). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (966kB)

Abstract

Meningkatnya angka seks bebas di Indonesia berdampak pada terjadinya married by accident. Keputusan melanjutkan kehamilan bagi remaja perempuan adalah bentuk tanggung jawab atas perbuatannya, tetapi menimbulkan konsekuensi bahwa remaja perempuan tidak bisa melanjutkan sekolah dan kemungkinan dikeluarkan. Berbeda dengan sekolah, perguruan tinggi tidak begitu mempermasalahkan mahasiswinya yang hamil, baik dalam ikatan pernikahan maupun tidak. Namun, tidak semua mahasiswi berani melanjutkan kuliahnya dan mengungkapkan diri setelah mengalami married by accident karena sanksi sosial hanya akan berlaku kepada pihak perempuan dibanding laki-laki mengingat adanya stigma buruk yang melekat pada masyarakat Indonesia mengenai perempuan yang hamil sebelum menikah. Penelitian ini menggunakan konsep self-disclosure milik DeVito (2022). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dengan empat orang partisipan yang merupakan mahasiswi yang mengalami married by accident (MBA) dan melanjutkan kuliahnya. Hasil dari penelitian ini adalah alasan para mahasiswi memutuskan untuk mengungkapkan diri di lingkungan kampusnya karena didorong oleh beberapa faktor, antara lain budaya kampus, orang tua, suami, teman- teman sebagai support system, serta tentunya diri sendiri. Mahasiswi MBA juga mendapatkan keuntungan dari mengungkapkan diri lebih banyak dari kerugian yang didapat. Sebagian besar respon yang mereka dapat dari masyarakat kampus adalah respon positif seperti diterima dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Married by accident, mahasiswi, self-disclosure
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:31
Last Modified: 14 Apr 2023 02:00
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24005

Actions (login required)

View Item View Item