Analisa Pengaruh Employer Branding terhadap Employee Well-Being dan Intention to Leave pada Karyawan Startup

Faustina Lestari, Ardisa (2023) Analisa Pengaruh Employer Branding terhadap Employee Well-Being dan Intention to Leave pada Karyawan Startup. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (596kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Perusahaan startup yang semakin berkembang di Indonesia menjadi daya tarik bagi karyawan generasi milenial dan generasi Z sebagai perusahaan impian. Fenomena Quiet Quitting atas respon The Great Resignation turut terjadi di Indonesia pasca pandemi karena kepedulian karyawan atas kesehatan mental dan ingin terhindar dari burnout. Hal tersebut sejalan dengan survey yang dilakukan oleh World Trend Index, dimana sebanyak 48% karyawan di Indonesia mengaku cenderung lebih memprioritaskan kesehatan dan wellbeing dibandingkan pekerjaan daripada sebelum pandemi. Quiet quitting ini juga merupakan tanda-tanda seorang karyawan akan melakukan turnover. Employer branding diyakini sebagai salah satu faktor penting untuk bisa mencegah turnover dan dapat meningkatkan employee well- being. Penelitian ini akan membahas tentang pengaruh employer branding terhadap employee well-being dalam menurunkan tingkat intention to leave karyawan startup. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh employer branding dapat meningkatkan well-being dan menurunkan tingkat intention to leave karyawan startup generasi milenial dan Z degan menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian descriptive dan causal research. Peneliti menggunakan teknik sampling convenience sampling dan judgement sampling. Kemudian, pengumpulan data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada karyawan startup generasi milenial dan Z yang bekerja secara hybrid. Total data yang diperoleh sebanyak 143 responden, namun yang sesuai dengan karakteristik penelitian dan digunakan dalam penelitian adalah 129 responden. Selanjutnya, data yang sudah terkumpul diolah dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara employer branding dengan employee well-being dan intention to leave, terdapat pengaruh positif dari negative well-being terhadap intention to leave dan negative well-being menjadi mediator hubungan employer branding dengan intention to leave.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: employer branding, employee well-being, intention to leave, startup
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.3 Personnel, Staff, Employee, Human Resource Management, Training
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:31
Last Modified: 22 Jun 2023 00:53
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24007

Actions (login required)

View Item View Item