Analisis Penerapan Romance Trope Enemies to Lovers pada Story Map Film Ada Apa Dengan Cinta (2002)

Gracia, Cherry (2022) Analisis Penerapan Romance Trope Enemies to Lovers pada Story Map Film Ada Apa Dengan Cinta (2002). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (133kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data hasil observasi terhadap film Ada Apa Dengan Cinta dan kumpulan teori terkait penggunaan trope enemies to lovers dan struktur story map dalam narasi film dengan genre romance. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif melalui hasil analisis dan observasi terhadap film Ada Apa Dengan Cinta. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa terdapat elemen- elemen cerita yang tidak realistis dan memang sengaja diromantisasi untuk kebutuhan film sesuai dengan kaidah komponen spesifik dalam genre romance. Kemudian, alur cerita film Ada Apa Dengan Cinta tidak berjalan secara statis. Alur cerita film Ada Apa Dengan Cinta berjalan secara dinamis karena penerapan trope enemies to lovers dalam struktur ceritanya. Dalam hasil pembedahan struktur story map trope enemies to lovers film Ada Apa Dengan Cinta juga ditemukan perubahan tujuan karakter protagonis yang semakin membuat laju jalannya cerita menjadi dinamis dan tidak membosankan. Karakter antagonis yang semula menjadi hambatan karena menghalangi karakter protagonis untuk mencapai tujuannya di awal berubah menjadi karakter dinamis atau love interest dari karakter protagonis hingga menjadi tujuan yang ingin dicapai oleh karakter protagonis di akhir cerita. film Ada Apa Dengan Cinta juga berani memberikan akhir cerita yang tidak biasa terjadi dalam genre romance, yakni perpisahan. Namun, perpisahan yang terjadi pada akhir cerita film Ada Apa Dengan Cinta tetap berjalan sesuai kaidah komponen spesifik genre romance, alur cerita trope enemies to lovers, dan struktur story map. Penulisan cerita Ada Apa Dengan Cinta yang benar-benar terstruktur menggunakan seluruh kaidah penceritaan tersebut membuat film Ada Apa Dengan Cinta mendapatkan banyak penghargaan dan apresiasi, bahkan menjadi tombak perfilman Indonesia, khususnya pada film genre romance.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: genre romance, trope enemies to lovers, struktur story map vviii
Subjects: 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 770 Photography, Computer Art, Cinematography, Videography, Film, Movie
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:31
Last Modified: 12 Sep 2023 00:33
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24010

Actions (login required)

View Item View Item