Strategi Pemberitaan Berperspektif Gender Terkait Kekerasan Seksual: Studi kasus pada Media Alternatif Magdalene.co dan Konde.co

Wiputri, Fiona (2023) Strategi Pemberitaan Berperspektif Gender Terkait Kekerasan Seksual: Studi kasus pada Media Alternatif Magdalene.co dan Konde.co. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (141kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB)

Abstract

Berita kekerasan seksual di Indonesia masih dikelilingi oleh perspektif yang bias gender karena sistem sosial patriarki. Selain kurangnya pembekalan kemampuan, jurnalis juga terpengaruh oleh budaya perusahaan media yang memprioritaskan keuntungan daripada menjalankan perannya sebagai pers. Keresahan berbagai pihak lalu melahirkan media alternatif, seperti Magdalene.co dan Konde.co, yang mampu menjadi kounter dari narasi kekerasan seksual yang selama ini disajikan oleh media arus utama. Penelitian tentang strategi pemberitaan media alternatif belum banyak ditemukan. Ada pun, penelitian hanya terbatas di sistem dan prosedur redaksional saja. Memahami strategi pemberitaan media alternatif, khususnya pada produk terkait kekerasan seksual, memungkinkan adanya motivasi dan role model untuk media lainnya. Konsep yang digunakan adalah strategi pemberitaan, kekerasan seksual, media dan gender, dan media alternatif. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme lewat konsep studi kasus milik Robert E. Stake pada 1995. Studi kasus yang digunakan peneliti adalah studi dokumen dan wawancara. Informan peneliti adalah orang yang memiliki posisi sebagai pengambil keputusan redaksional di dalam media alternatif Magdalene.co dan Konde.co. Peneliti menemukan bahwa strategi pemberitaan terbagi menjadi tiga subkategori, yaitu penyelarasan kemampuan dan wawasan jurnalis, perencanaan dalam redaksi, serta pembangunan komunitas dengan publik. Kedua media alternatif memiliki berbagai kesamaan strategi dalam pemberitaan yang berperspektif gender.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: berita kekerasan seksual, media alternatif, perspektif gender, strategi pemberitaan
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Differential and Developmental Psychology (Incl. Individual, Evolutionary, Environmental and Sex Psychology)
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:31
Last Modified: 21 Jun 2023 03:20
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24011

Actions (login required)

View Item View Item