Analisis Isi Pemberitaan pada Kanal Pemilu Medcom.id dan CNNIndonesia.com Periode 1-31 Agustus 2022

Michelle, Michelle (2023) Analisis Isi Pemberitaan pada Kanal Pemilu Medcom.id dan CNNIndonesia.com Periode 1-31 Agustus 2022. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (853kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Peran institusi pers dalam pelaksanaan pemilu sangatlah krusial karena fungsinya sebagai media informasi, media pendidikan, media kontrol, media hiburan, dan media lembaga ekonomi. Namun, pada kenyataannya, fungsi pers tersebut dapat terpolarisasi menjadi sebuah kampanye terselubung apabila terdapat campur tangan pemilik media yang mempunyai kepentingan di dunia politik. Hal ini dibuktikan dalam beberapa riset yang menunjukka n peristiwa polarisasi berita di beberapa stasiun televisi Indonesia pada Pemilu 2014 dan 2019 silam. Memasuki masa Pemilu 2024, penelitian ini berupaya mengeksplorasi pola ketidakberimbangan yang berpotensi terulang dalam pemberitaan pemilu. Menggunakan analisis wacana jaringan sebagai metode penelitian, kajian ini meneliti 273 artikel yang dipublikasi pada 1 ­ 31 Agustus 2022 oleh Medcom.id sebagai media dengan latar belakang pemilik media yang aktif berpolitik dan CNNIndonesia.com sebagai media dengan latar belakang pemilik media yang pasif berpolitik. Hasil penelitian menunjukkan adanya kecenderungan kecil pendorongan tema yang menguntungkan partai pemilik media pada Medcom.id, sementara CNNIndonesia.com menyajikan tema yang lebih beragam. Dari sisi aktor, Medcom.id memilih narasumber yang dapat menguntungkan partai pemilik medianya, sementara CNNIndonesia.com memilih narasumber yang lebih beragam. Dapat disimpulkan bahwa ketidakberimbangan dan polarisasi media masih terjadi dalam pemberitaan Medcom.id.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: analisis wacana jaringan, CNNIndonesia.com, Medcom.id, media daring, ketidakberimbangan
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:32
Last Modified: 17 Jun 2023 07:48
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24016

Actions (login required)

View Item View Item