Analisa Pengaruh Perceived Desirability, Leadership and Adversity, Searching and Planning, dan Propensity to Act terhadap Entrepreneurial Intention pada Mahasiswa di Tangerang

Stephanie, Francine (2023) Analisa Pengaruh Perceived Desirability, Leadership and Adversity, Searching and Planning, dan Propensity to Act terhadap Entrepreneurial Intention pada Mahasiswa di Tangerang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Rata-rata jumlah wirausahawan negara maju merupakan 12%, dan salah satu syarat untuk menjadi negara maju merupakan memiliki jumlah wirausaha sebesar 4%. Berdasarkan Ketua Umum BPP HIPMI, Indonesia baru memiliki 3,4% wirausahawan. Indonesia juga masih berada di peringkat 75 dengan skor 26 dalam Global Entrepreneurship Index dari seluruh dunia, yang berarti kualitas dan dinamika kewirausahaan di Indonesia masih rendah. Pemerintah berharap Indonesia dapat memasuki peringkat ke 60 dengan 1 juta wirausahawan pada tahun 2024. Untuk meningkatkan perekonomian dan jumlah wirausahawan Indonesia, terdapat beberapa upaya yang dilakukan oleh pihak pemerintah maupun swasta, seperti membentuk program inkubasi bisnis, pengajuan kredit, dan kemudahan dalam proses perizinan usaha. Untuk memaksimalkan upaya tersebut, maka perlu diketahui terlebih dahulu faktor-faktor yang dapat menstimulasi intensi berwirausaha masyarakat, beberapa diantaranya adalah Perceived Desirability, Entrepreneurial Leadership, Entrepreneurial Planning, dan Propensity to Act. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan Teknik judgmental sampling, dan data diperoleh menggunakan Google Form yang disebar ke 118 mahasiswa aktif di wilayah Tangerang. Pengolahan data menyatakan bahwa Perceived Desirability, Entrepreneurial Leadership, dan Entrepreneurial Planning memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Entrepreneurial Intention, sedangkan Propensity to Act tidak. Dari hasil penelitian ini, maka disarankan untuk membuat program pelatihan, seperti talkshow dengan wirausahawan terkenal, lomba, serta inkubasi dan juga opsi berwirausaha dalam program magang dan tugas akhir. Adapun keterbatasan dalam penelitian ini, maka dari itu penelitian selanjutnya disarankan untuk meneliti faktor lain seperti pendapatan, dorongan keluarga, peluang, dan faktor berdasarkan berdasarkan Entrepreneur by Necessity, serta faktor yang mempengaruhi aksi berwirausaha seperti finansial atau inginnya memiliki pendapatan tambahan, peluang dari media untuk jual-beli, pemilihan waktu yang tepat, keberanian mengambil resiko, dan modal.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Entrepreneurial Intention, Perceived Desirability, Entrepreneurial Leadership, Entrepreneurial Planning, Propensity to Act.
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 303 Social Processes (Incl. Cultural Exchange, Conflict Resolution) > 303.34 Leadership
300 Social Sciences > 330 Economics > 338 Production (Agriculture, Business Enterprise, Extraction of Minerals, General Production) > 338.04 Entrepreneurship
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 658.401 Planning and Strategic Management
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:32
Last Modified: 01 Jul 2023 00:19
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24018

Actions (login required)

View Item View Item