Rancang Bangun Sistem Pengelolaan RPKPS dan Penentuan Dosen Koordinator Studi Kasus: Program Studi Sistem Informasi Universitas Multimedia Nusantara

Jovanca, Jovanca (2023) Rancang Bangun Sistem Pengelolaan RPKPS dan Penentuan Dosen Koordinator Studi Kasus: Program Studi Sistem Informasi Universitas Multimedia Nusantara. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (629kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)

Abstract

Kebijakan untuk melakukan tinjauan ulang RPKPS secara berkala pada Program Studi Sistem Informasi Universitas Multimedia Nusantara menimbulkan kewajiban bagi para dosen koordinator untuk menyusun kembali RPKPS bagi mata kuliah tertentu demi menjamin kesesuaian antara isi RPKPS dengan kurikulum yang berlaku. Sayangnya, kualitas RPKPS yang dihasilkan masih belum dapat dikatakan baik. Oleh karena itu, kualitas RPKPS perlu ditingkatkan dengan melakukan pembenahan dari sisi struktur dan konten. Untuk itu, masalah ketidakseragaman format RPKPS perlu diselesaikan dan kebutuhan akan dosen koordinator yang kompeten harus dapat ditunjang. Metode penelitian yang digunakan berupa metode penelitian kuantitatif. Sistem dibangun menggunakan metode pengembangan sistem prototyping. Kemudian, algoritma yang digunakan sebagai dasar perhitungan dalam sistem pendukung keputusan pemilihan dosen koordinator adalah algoritma profile matching. Data yang dibutuhkan dalam penelitian dikumpulkan melalui kegiatan studi pustaka, observasi dan wawancara. Teknik purposive sampling dan quota sampling menjadi teknik pengambilan sampel yang dipergunakan. Untuk meneliti data yang ada, teknik analisis konten dimanfaatkan untuk menelaah data kualitatif. Sementara itu, data kuantitatif dikaji menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini berupa sebuah situs web yang berisi sistem pengelolaan RPKPS lengkap dengan sistem rekomendasi dosen koordinator yang mendukung kegiatan penentuan dosen koordinator. Kesimpulan dari hasil yang diperoleh adalah sistem pengelolaan RPKPS berhasil menstandardisasi format beserta susunan RPKPS yang dihasilkan dan sistem rekomendasi dosen koordinator mampu mendukung pengambilan keputusan yang tepat dan akurat dalam pemilihan dosen koordinator.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Rencana Program Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS), Document Management System, Prototyping, Sistem Pendukung Keputusan, Algoritma Profile Matching.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:34
Last Modified: 03 Aug 2023 07:21
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24032

Actions (login required)

View Item View Item