Perancangan Identitas Visual Resor untuk Rejuvenasi Graha Teduh Puncak

Perdana Aliputra, Jonathan (2023) Perancangan Identitas Visual Resor untuk Rejuvenasi Graha Teduh Puncak. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (72MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (20MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Resor Graha Teduh Puncak merupakan sebuah penginapan yang terletak di Jalan Hanjawar, daerah Cimacan, Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur. Resor ini dibangun dengan tujuan untuk memfasilitasi kegiatan-kegiatan dengan partisipan dalam jumlah besar. Namun saat pandemi COVID-19 melanda, Graha Teduh terpaksa menghentikan operasinya demi mencegah penularan virus. Setelah pandemi membaik Graha Teduh kesulitan untuk mendapat pengunjung dalam jumlah yang banyak sehingga Graha Teduh mulai merubah model bisnisnya dengan menyewakan resor per keluarga. Perubahan model bisnis ini menemukan kesulitan oleh karena belum adanya pengenalan masyarakat akan Graha Teduh dan sistem operasionalnya yang baru. Oleh karena itu dibutuhkan identitas visual baru bagi Graha Teduh agar dapat menjadi fondasi bagi perubahan model bisnis ini. Perancangan identitas visual baru ditujukan kepada semua kalangan yang berdomisili di Jabodetabek. Dalam proses perancangan digunakan metode perancangan menurut Wheeler (2018) pada bukunya Designing Brand Identity. Keluaran akhir dari desain didukung oleh pengumpulan data dengan mixed methods yang mencakup wawancara, observasi, studi eksisting dan referensi, serta kuisioner. Dalam proses awal perancangan penulis melakukan mind mapping dan menemukan kata kunci, big idea, serta konsep. Perancangan desain diawali dengan sketsa logo, pemilihan warna dan tipografi, dan perancangan supergrafis serta fotografi. Lalu desain yang telah dirancang disusun pedomannya dalam sebuah Graphic Standard Manual. Seluruh perancangan identitas visual ini ditujukan untuk menghadirkan identitas visual baru Graha Teduh sebagai resor keluarga yang memiliki suasana yang sejuk namun juga kedekatan yang memancarkan kehangatan bagi orang-orang yang menghabiskan waktunya di Graha Teduh.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Perancangan, Identitas Visual, Graha Teduh, Resor
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:35
Last Modified: 05 Oct 2023 00:36
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24034

Actions (login required)

View Item View Item