Pengaruh News Authentication Berita Daring Pemilu 2024 terhadap Political Participation Generasi Z dengan Political Interest sebagai Variabel Moderator

Winnie, Winnie (2023) Pengaruh News Authentication Berita Daring Pemilu 2024 terhadap Political Participation Generasi Z dengan Political Interest sebagai Variabel Moderator. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (790kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Partisipasi politik dapat dilakukan masyarakat melalui banyak cara, salah satunya dengan ikut serta dalam pemilu. Partisipasi politik masyarakat yang maksimal harus didukung dengan pemenuhan informasi kredibel sehingga masyarakat dapat memilih kandidat yang dapat menyuarakan aspirasi mereka. Namun, penyelenggaraan Pemilu 2024 yang belum resmi dimulai sudah dipenuhi oleh banyak hoaks. Tidak hanya memastikan bahwa praktisi media membuat berita kredibel, memastikan bahwa masyarakat kritis memeriksa kebenaran berita sebelum memercayainya menjadi hal yang penting. Penelitian ini kemudian mencoba menelusuri pengaruh news authentication berita daring Pemilu 2024 terhadap political participation generasi Z yang ditemukan riset menjadi kelompok mayoritas dan memiliki minat politik serta antusiasme ikut serta Pemilu 2024 yang tinggi. Tidak hanya itu, penelitian ini juga mencoba melihat political interest sebagai variabel moderator. Berdasarkan survei daring kepada 400 responden generasi Z berusia 17-24 tahun di Indonesia, peneliti menemukan pengaruh news authentication berita daring Pemilu 2024 terhadap political participation generasi Z sebesar 25,7 persen. Selain itu, political interest juga ditemukan memperkuat pengaruh tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Generasi Z, Pemilu 2024, political interest, political participation, news authentication
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
100 Philosophy and Psychology > 170 Ethics > 172 Political ethics (Incl. international relations)
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:35
Last Modified: 21 Jun 2023 03:18
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24040

Actions (login required)

View Item View Item