Perancangan Interactive Digital Wayfinding untuk Pengguna Transportasi Umum di Jakarta

Fatu Rahman, Aldan (2023) Perancangan Interactive Digital Wayfinding untuk Pengguna Transportasi Umum di Jakarta. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Transportasi umum adalah cara mobilitas masyarakat yang mengedepankan konsep kota berkelanjutan karena mengurangi polusi udara yang disebabkan oleh penggunaan kendaraan pribadi. Saat ini pemerintah DKI Jakarta sedang gencar-gencarnya membuat kampanye untuk pindah ke transportasi umum. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya media luar ruang (poster, billboard, dan juga videotron) yang membahas tentang pengguna transportasi umum. Pernyataan tersebut juga diperkuat dengan interview penulis bersama salah satu Content & Corporate Branding Specialist PT MRT Jakarta yang menyatakan bahwa PT MRT sendiri memiliki kampanye yang dinamakan dengan #UbahJakarta yang berfokus pada gaya hidup dan budaya baru yang mengajak masyarakat menggunakan transportasi umum. Namun, pemerintah DKI Jakarta sendiri masih kesulitan untuk mengajak masyarakat pindah ke moda transportasi publik yang dibuktikan dengan data yang menyatakan penurunan drastis pengguna transportasi umum Jakarta pada tahun 2019 dari yang awalnya 49 persen turun ke 19 persen. Kebutuhan media informasi yang dapat menampung semua kebutuhan pengguna transportasi umum di Jakarta merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memudahkan masyarakat dalam penggunaan transportasi umum, sehingga diharapkan dengan adanya platform ini pengguna transportasi umum di Jakarta meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Transportasi umum, Jakarta, Media interaktif
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:35
Last Modified: 06 Sep 2023 00:58
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24041

Actions (login required)

View Item View Item