Analisis Minat menjadi Social Entrepreneur di Kalangan Generasi Milenial dan Generasi Z Menggunakan Theory of Planned Behavior dan Outcome Expectation

Handayani, Herlin (2023) Analisis Minat menjadi Social Entrepreneur di Kalangan Generasi Milenial dan Generasi Z Menggunakan Theory of Planned Behavior dan Outcome Expectation. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (986kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Indonesia mengalami bonus demografi, namun modal manusia seperti kemampuan keterampilan, pengetahuan, dan tingkat pendidikan pekerja di Indonesia masih tergolong rendah. Saat ini kuota pencari kerja lebih besar daripada kuota lapangan pekerjaan. Pengangguran sebagian besar adalah individu usia produktif, dan individu dengan tingkat pendidikan rendah yang berpengaruh positif terhadap tingkat kemiskinan. Selain itu, juga terjadi permasalahan ketidakseteraan gender. Permasalahan sosial belum terpecahkan oleh pemerintah, maka butuh dukungan dari masyarakat seperti melalui social entrepreneurship yang diyakini mampu menangani permasalahan sosial secara berkelanjutan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor yang mempengaruhi minat individu yang berumur 18 hingga 34 tahun (Generasi Z dan Milenial) untuk menjadi social entrepreneur menggunakan Theory of Planned Behavior dan Outcome Expectation. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode PLS-SEM. Total sampel masing- masing 105 responden setiap generasi yang diolah menggunakan software SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel ATB, SN, PBC, dan OE berpengaruh positif terhadap SEI, dan subjective norms memiliki pengaruh positif terhadap attitude toward behavior dan perceived behavioral control pada Generasi Milenial, namun pada Generasi Z SN tidak berpengaruh pada SEI. Maka pihak universitas dan pemerintah dapat memberikan dukungan seperti pembekalan ilmu pengetahuan (skill, knowledge, network), mendukung eksekusi business plan terutama bisnis sosial, memotivasi masyarakat akan dampak/ benefit menjadi social entrepreneur, menyediakan fasilitas seperti inkubator bisnis dan workshop. Hal tersebut perlu dilakukan karena hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin kuat attitude toward behavior, subjective norms, perceived behavioral control, dan outcome expectation maka niat menjadi social entrepreneur akan meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: social entrepreneurial intention; social entrepreneur; theory of planned behavior; outcome expectation; generasi z; generasi milenial.
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > 338 Production (Agriculture, Business Enterprise, Extraction of Minerals, General Production) > 338.04 Entrepreneurship
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.8342 Consumer Behavior
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:36
Last Modified: 22 Jun 2023 06:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24044

Actions (login required)

View Item View Item