Perancangan Cerita Interaktif mengenai Dysfunctional-Family untuk Remaja Akhir

Olivia Mulya, Nicole (2023) Perancangan Cerita Interaktif mengenai Dysfunctional-Family untuk Remaja Akhir. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (789kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Dysfunctional-family merupakan fenomena ketika orang tua tidak dapat memenuhi kebutuhan anak, sehingga menciptakan lingkungan rumah tangga dimana tumbuh kembang anak terhalang. Fenomena ini mempunyai beberapa bentuk, salah satunya adalah adult child of dysfunctional-family, yaitu remaja akhir & dewasa muda dengan berbagai gangguan psikologis yang menjatuhkan mental mereka namun tetap terlihat seperti individu yang stabil karena mempunyai kebiasaan memendam perasaan negatif & menyembunyikan masalah keluarganya. Bila masalah dari dysfunctional- family terus mereka abaikan, adult child akan terus kesulitan mengolah emosi, kemudian mempertahankan kebiasaan yang dipelajari dari dysfunctional- family sehingga menyabotase interaksi sosialnya. Mayoritas masyarakat umum tidak mengetahui tentang adult child of dysfunctional-family, termasuk remaja akhir yang berasal dari dysfunctional-family sehingga tidak mengetahui bagaimana cara menghadapi masalah yang berasal dari disfungsi keluarganya. Di sisi lain media informasi yang membahas tentang dysfunctional-family tidak cukup efektif untuk membantu remaja akhir. Karena cerita setiap keluarga berbeda maka konten maupun saran yang dibahas tidak sama untuk setiap individu. Oleh karena itu penulis mengajukan perancangan media interaktif informatif berbasis storytelling tentang dysfunctional-family yang diharapkan dapat memberikan remaja akhir edukasi tentang dysfunctional-family sebagai sarana pembelajaran transformatif secara fleksibel sehingga mereka mendapat keberanian untuk menghadapi masalah keluarganya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: dysfunctional-family, adult child, cerita
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Differential and Developmental Psychology (Incl. Individual, Evolutionary, Environmental and Sex Psychology)
600 Technology (Applied Sciences) > 640 Home and Family Management > 649 Child Care, Parenting, Child Clothing and Health, Moral Training
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures)
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 777 Cinematography (Incl. Animation Film / Movie; Animated cartoons)
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:36
Last Modified: 18 Sep 2023 00:38
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24048

Actions (login required)

View Item View Item