Pengaruh Judul Berita Clickbait terhadap Kredibilitas Informasi dan Tingkat Kepercayaan Generasi Z pada Berita Covid-19 di Media Daring Indonesia

Tasya Pratiwi, Nur Fadillah (2023) Pengaruh Judul Berita Clickbait terhadap Kredibilitas Informasi dan Tingkat Kepercayaan Generasi Z pada Berita Covid-19 di Media Daring Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kehadiran Covid-19 membuka peluang besar bagi jurnalisme daring dalam membuat judul berita clickbait agar bisa menarik audience, terutama generasi Z sebagai generasi yang saat ini mendominasi penggunaan internet. Peneliti melakukan survei terhadap 200 responden dan menemukan bahwa media daring yang saat ini dipercaya oleh khalayak generasi Z adalah Kompas.com dan media daring yang memiliki tingkat kepercayaan rendah adalah Okezone.com. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah judul berita clickbait dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan dan kredibilitas media. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif yang bersifat eksplanatif dengan metode eksperimen post-test only control group design. Penelitian akan dilakukan pada 200 orang Generasi Z di Jabodetabek yang dibagi menjadi lima kelompok, masing-masing terdiri dari 40 orang. Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat krisis kredibilitas dan kepercayaan partisipan generasi Z terhadap berita Okezone.com. Namun, berbanding terbalik dengan berita Kompas.com, yang menunjukkan bahwa clickbait tidak terlalu berpengaruh pada artikel berita, melainkan brand media yang mempengaruhinya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Umpan Klik, Tingkat Kepercayaan, Kredibilitas, Berita Covid-19, Generasi Z
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:36
Last Modified: 21 Jun 2023 00:49
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24049

Actions (login required)

View Item View Item