Perancangan Storyboard pada Serial Animasi Youtube: Cerita Tiga Sekawan di Zenius Education

Kamarullah, Felicia (2021) Perancangan Storyboard pada Serial Animasi Youtube: Cerita Tiga Sekawan di Zenius Education. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (830kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Storyboard adalah langkah penerjemahan teks menjadi visual. Dalam tulisan ini, penulis ingin menunjukkan proses pengerjaan storyboard berdasarkan pengalamannya. Spesifiknya, karya yang dibahas penulis adalah storyboard yang ia kerjakan selama magang di Zenius Education untuk produksi YouTube Cerita Tiga Sekawan pada episode Utang Pak Kepeng Scene 07 Shot 01--15. Aspek penilaian utama pada karya adalah camera movement dan komposisi rule of third. Konsep utama dari karya ini adalah bahwa karya merupakan serial animasi anak- anak yang berisi materi pembelajaran. Lalu jenis animasi yang digunakan adalah 2D limited/puppet. Untuk menjaga kerahasiaan perusahaan, penulis membuat ulang karya menggunakan karakter yang berbeda namun dengan jalan cerita yang mirip dengan karya asli. Hasil recreate menggunakan karakter mata kuliah Narrative Animation Production penulis. Hasil karya penulis hanya menggunakan zoom in/zoom out sebagai camera movement karena jenis animasi membatasi penggunakan pergerakan kamera lainnya. Seharusnya penulis juga bisa bereksperimen lebih jauh dengan camera angle atau pun lighting jika tipe animasi tidak menggunakan 2D limited. Selain itu penulis juga diminta sebisa mungkin hanya menggunakan angle dari environment yang ada di bank aset yang mana menyebabkan penulis kerap sulit menentukan blocking yang efektif. Dengan demikian, penulis kurang bisa menunjukkan kompleksitas pembuatan storyboard.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: storyboard, camera movement, rule of third
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 777 Cinematography (Incl. Animation Film / Movie; Animated cartoons)
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 12:02
Last Modified: 27 Sep 2023 01:25
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24070

Actions (login required)

View Item View Item