Perancangan Proses Penggunaan Ulang Rig Karakter untuk Menambahkan Objek Baru pada Karakter dalam Serial Animasi 3D

Fedora, Zefanya Aurora (2022) Perancangan Proses Penggunaan Ulang Rig Karakter untuk Menambahkan Objek Baru pada Karakter dalam Serial Animasi 3D. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (241kB) | Preview

Abstract

Animasi menjadi salah satu penyampaian cerita yang sangat unik, meningkatkan visualisasi imajinasi dari sang pencerita kepada penonton. Tokoh dalam animasi 3D memvisualisasikan secara keseluruhan arah, bentuk, dan volume. Proses pembuatan animasi 3D memiliki 3 tahap, yaitu Pra produksi, Produksi, Pasca produksi. Rigging merupakan aspek yang mencakup proses pembuatan tulang, proses skinning, pemasangan controller hingga dapat bergerak sesuai dengan kebutuhan animator. Penulis tidak akan menjelaskan proses rigging tokoh, sehingga penulis akan membatasi masalah dengan adanya penambahan atau pergantian objek pada tokoh. Objek yang akan ditambahkan berupa plester luka yang memiliki sistem tombol Off/On, topi santa dengan controller tambahan agar dapat digerakkan, dan warna baju yang dapat berubah sesuai dengan warna tombol yang diatur. Teori yang akan digunakan mencakup teori rigging, joint, controller, Blendshapes, dan Set Driven Key. Penamaan file pada ketiga objek tersebut akan ditambahkan namanya dibelakang sebagai pembeda antara file asli dengan file asli yang sudah ditambahkan objek lain. Untuk animasi series, file tokoh utama yang asli sering dipakai dalam episode yang lebih banyak, tetapi ada pula beberapa kebutuhan episode yang membutuhkan perubahan atau penambahan pada tokoh utama. Sehingga file asli akan dijadikan reference yang nantinya akan dilakukan upgrade dengan hasil akhir akan dijadikan file yang baru.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Rigging, Blendshapes, Set Driven Key, Joint, Controller
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures)
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 22 Jun 2023 08:31
Last Modified: 22 Jun 2023 08:31
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24075

Actions (login required)

View Item View Item