Perancangan Animasi Tokoh Dulang dalam Proyek Animasi Projection Mapping Fine Dining di Universitas Multimedia Nusantara

Natasha Lukmana, Maya (2021) Perancangan Animasi Tokoh Dulang dalam Proyek Animasi Projection Mapping Fine Dining di Universitas Multimedia Nusantara. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (22MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Pembuatan animasi seorang tokoh memerlukan pemahaman mendalam mengenai sifat dan karakterisasi tokoh tersebut untuk mencapai animasi yang terkesan nyata dan memiliki koneksi dengan penonton. Dalam penciptaan penggerakan tokoh utama pada proyek animasi Projection Mapping Fine Dining di Universitas Multimedia Nusantara, terdapat sejumlah teori terkait prinsip dasar animasi, teknik animasi 3D, dan penghayatan karakter untuk menghidupkan tokoh. Proyek animasi ini mengisahkan tentang seorang koki dan petualang cilik yang bernama Dulang, dan skripsi ini fokus pada perancangan shot ketika Dulang memasak Rujak Kuah Pindang Bali. Pembentukan gestur tokoh berpedoman pada storyboard untuk memperoleh pose mendasar dan pada referensi lain untuk lebih memahami gerakan, serta pada angle kamera agar memperoleh tampak pose yang ditangkap oleh penonton secara jelas. Dengan menekankan penerapan prinsip exaggeration dan appeal pada animasi tokoh, didapatkan pula penekanan pada pembawaan karakter Dulang serta aksi-aksi memasaknya untuk membuat animasi yang ke depannya akan diproyeksikan ini menjadi lebih menarik. Namun, sebagai proyek yang masih pada tahap produksi, masih terdapat banyak ruang untuk mendalami aspek maupun prinsip animasi lain agar tercapai hasil pemetaan video yang lebih sesuai konsep dan lebih mampu menampilkan penggerakan tokoh.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Animasi tokoh, karakter, pemetaan video, prinsip animasi, prototipe
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 777 Cinematography (Incl. Animation Film / Movie; Animated cartoons)
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 20:02
Last Modified: 04 Oct 2023 01:17
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24135

Actions (login required)

View Item View Item