Perancangan Rigging pada Tokoh Bipedal di Infinite Frameworks Studios

Dwi Putra, Yukio (2021) Perancangan Rigging pada Tokoh Bipedal di Infinite Frameworks Studios. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (937kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)

Abstract

Animasi sudah menjadi media untuk menyampaikan informasi baik dalam film, televisi, dan video game, serta animasi sudah menjadi bagian integral dari industri di berbagai bidang seperti kedokteran, arsitektur, hukum, bahkan forensik sekarang menggunakan animasi 3 dimensi (Beane, 2012). Dalam kesempatan ini penulis ingin membahas bagaimana proses perancangan rigging pada tokoh bipedal sesuai dengan standar Infinite Frameworks Studios. Penulis akan membahas proses serta analisa perancangan rigging dengan menggunakan sumber buku "Rig it right! Maya animation rigging concepts" oleh Tina O'Hailey, 3D Animation Essentials karya Andy Beane, dan lain ­ lain. Hasil perancangan pada rigging tokoh dapat berupa penyusunan struktur hierarchy yang tepat, penggunaan value skinning pada 3D model, dan attribute pendukung pada setiap bagian controller seperti FK/IK switch, stretch polygon, bend finger, dan leg control. Selama proses perancangan rigging pada tokoh bipedal, penulis menyimpulkan bahwa observasi dan research tokoh berdasarkan character design merupakan nilai penting dalam pembuatan rigging. Selain itu, penggunaan sistem hierarchy serta attribute pendukung pada controller dapat menjadi nilai tambah untuk dapat mempercepat proses produksi animasi.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: animasi, bipedal, Infinite Frameworks Studios, rigging
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 21:02
Last Modified: 04 Sep 2023 00:40
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24144

Actions (login required)

View Item View Item