Perancangan Sistem Rigging pada Tokoh 3D DJ dalam Video Musik Fakta

Wilbert Wibowo, Stefan (2022) Perancangan Sistem Rigging pada Tokoh 3D DJ dalam Video Musik Fakta. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (588kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (817kB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)

Abstract

Di dalam animasi 3 dimensi, sebuah model tidak dapat digerakkan begitu saja oleh animator. Model tersebut harus diberi tulang dan kerangka oleh rigger agar terlihat hidup. Seorang rigger harus dapat membuat sistem rig yang efisien. Dalam sebuah proyek video musik, terdapat sebuah karakter dengan nama DJ yang tidak banyak melakukan ekspresi wajah. Dengan kekurangan tersebut, tokoh DJ perlu banyak berekspresi melalui pergerakan tubuhnya. Oleh sebab itu, penulis menentukan rumusan masalah bagaimana perancangan sistem rigging pada tokoh DJ dalam video musik Fakta. Adapun teori utama yang dipakai adalah teori pembuatan sistem rigging seperti teori mengenai joints, controller, dan skinning. Sebelum pembuatan sistem rigging, rigger harus mengetahui pergerakan apa saja yang akan dilakukan sehingga sistem rigging yang dibuat dapat menjadi lebih efisien. Dalam proses pembuatan sistem rigging, akan terjadi banyak percobaan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Pembuatan joints akan banyak membutuhkan ketepatan dan pemahaman mengenai tulang dan cara gerak objek tersebut. Pembuatan controller akan membutuhkan pemahaman mengenai pergerakan objek dan cara animator bekerja. Pembuatan skinning akan membutuhkan pemahaman mengenai anatomi objek dan banyak percobaan untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Animasi, controller, joints, sistem rigging, skinning
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.6 Computer Graphics, 3D Graphics, Digital Video
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 21:02
Last Modified: 20 Oct 2023 00:10
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24146

Actions (login required)

View Item View Item