Pengaruh Solvabilitas, Likuiditas, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Umur Obligasi terhadap Peringkat Obligasi (pada Perusahaan Non-Keuangan yang Terdaftar di Pefindo Tahun 2017-2020)

Virgina Gloria, Vivian (2022) Pengaruh Solvabilitas, Likuiditas, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Umur Obligasi terhadap Peringkat Obligasi (pada Perusahaan Non-Keuangan yang Terdaftar di Pefindo Tahun 2017-2020). MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (612kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (935kB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh solvabilitas, likuiditas, profitabilitas, ukuran perusahaan dan umur obligasi terhadap peringkat obligasi. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor non-keuangan yang diperingkat oleh PT Pefindo dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dipilih dengan metode purposive sampling dan pengujian dilakukan dengan metode regresi logistik ordinal. Sebanyak 19 perusahaan non-keuangan yang memenuhi kriteria sebagai sampel dalam penelitian ini. Kriteria yang digunakan dalam pemilihan sampel adalah perusahaan non-keuangan yang diperingkat oleh PT Pefindo pada tahun 2017-2020 secara berturut-turut dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016-2019 secara berturut-turut, menyajikan laporan keuangan dalam mata uang Rupiah dan telah diaudit oleh auditor independen pada tahun 2016-2019 secara berturut-turut serta memiliki laba positif secara berturut pada tahun 2016-2019. Hasil dalam penelitian ini adalah (1) Solvabilitas yang diproksikan dengan Cash Flow from Operation to Total Liability memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap peringkat obligasi, (2) Likuiditas yang diproksikan dengan Current Ratio tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap peringkat obligasi, (3) Profitabilitas yang diproksikan dengan Return on Equity tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap peringkat obligasi, (4) Ukuran Perusahaan yang diproksikan dengan Logaritma Natural Total Asset memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap peringkat obligasi, (5) Umur Obligasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap peringkat obligasi.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Solvabilitas, Likuiditas, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Umur Obligasi, Peringkat Obligasi
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > 336 Public Finance
Divisions: Faculty of Business > Accounting
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Mar 2023 12:01
Last Modified: 24 May 2023 03:40
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24185

Actions (login required)

View Item View Item