Perancangan Kampanye tentang Bahaya Kanker Nasofaring untuk Usia 20-29 Tahun

Susanto, Verren (2023) Perancangan Kampanye tentang Bahaya Kanker Nasofaring untuk Usia 20-29 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (978kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (708kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kanker nasofaring, atau dikenal dengan nama karsinoma nasofaring menurut Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (2017) merupakan pertumbuhan jenis tumor ganas yang menyerang pada daerah atas tenggorokan dan di belakang hidung. Kanker nasofaring merupakan salah satu kanker berbahaya yang menduduki peringkat ke empat yang terjadi di Indonesia. Berdasarkan hasil wawancara dengan dr. Pulo, ketidaktahuan masyarakat mengenai penyakit kanker nasofaring menyebabkan penyakit ini ditemukan ketika sudah memasuki stadium lanjut. Berdasarkan hasil kuesioner, sosialisasi edukasi pada usia 20-29 tahun sulit ditemukan dan hanya berada di rumah sakit. Maka dari itu, dibutuhkan perancangan kampanye tentang bahaya kanker nasofaring untuk usia 20-29 tahun. Dalam melakukan penelitian perancangan kampanye, penulis menggunakan pendekatan penelitian mix method. Penelitian ini melakukan wawancara kepada dokter spesialis THT-KL, wawancara penyintas kanker nasofaring, kuesioner, studi eksisting, dan studi referensi. Teori perancangan yang digunakan menggunakan teori desain grafis dari Robin Landa dan strategi media desain menggunakan teori AISAS dari Sugiyama dan Andree. Hasil karya dalam bentuk media sosial yaitu instagram sebagai media utama dan media sekunder seperti Instagram ads, transportation banner, poster, merchandise dan booth event. Visualisasi karya dibuat dalam bentuk mockup. Hasil karya dianalisis dengan menggunakan beberapa teori desain. Kesimpulan, desain Instagram post bisa menjadi salah satu solusi rekomendasi desain media kampanye tentang bahaya kanker nasofaring untuk usia 20-29 tahun.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: kanker nasofaring, usia 20-29 tahun, perancangan kampanye, desain instagram post
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 Mar 2023 08:59
Last Modified: 12 Oct 2023 00:07
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24307

Actions (login required)

View Item View Item