Natalie, Ferensia (2023) Pengaruh Entrepreneurial Orientation, Social Media, Managerial Ties terhadap Firm Performance UMKM di Kota Tangerang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (667kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (769kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (2MB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (617kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (16MB) |
Abstract
Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor yang memiliki kontribusi yang cukup besar terhadap perekonomian di Indonesia. Hal ini terbukti dari data yang diperoleh dari Kemenkop UKM tahun 2019 yang menyebutkan bahwa banyaknya UMKM adalah sebesar 99,99% dari total bisnis yang ada di Indonesia. Dengan banyaknya UMKM, akan membantu perekonomian Indonesia agar lebih maju. Selain itu juga UMKM ini dapat mengurangi tingkat pengangguran. Berdasarkan data yang didapat dari Kemenkop UKM, tertulis bahwa di Indonesia UMKM mampu menyerap angkatan kerja sebesar 97% . Walaupun ada banyak jumlah UMKM di Indonesia, namun banyak juga UMKM yang gulung tikar. Fenomena ini terjadi karena produk yang dihasilkan oleh UMKM terkadang kalah saing dengan produk yang dihasilkan oleh perusahaan besar. Beberapa warga Indonesia masih memilih produk impor ataupun produk yang memiliki merek ternama. Maka dari itu, peneliti ingin mencari tahu bagaimana cara untuk memperkecil peluang UMKM untuk gulung tikar dengan cara melakukan penelitian tentang pengaruh entrepreneurial orientation, social media, managerial ties terhadap firm performance UMKM di Kota Tangerang agar lebih banyak lagi UMKM yang sukses dan meningkatkan perekonomian Indonesia. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah secara kuantitatif dengan cara menyebar kuesioner secara online kepada 100 responden. Tehnik pengolahan data yang digunakan adalah menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) yang menggunakan aplikasi SmartPLS 3. Penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh positif antara entrepreneurial orientation terhadap firm performance, entrepreneurial orientation terhadap social media, social media terhadap firm performance, entrepreneurial orientation terhadap managerial ties, dan managerial ties terhadap firm performance.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | UMKM, entrepreneurial orientation, social media, managerial ties, firm performance |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 08:59 |
Last Modified: | 28 Jun 2023 00:52 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24309 |
Actions (login required)
View Item |