Perancangan Buku Edukasi Interaktif mengenai Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi untuk Anak Usia 9-12 Tahun di Jabodetabek

Natalia Hadiwono, Angela (2023) Perancangan Buku Edukasi Interaktif mengenai Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi untuk Anak Usia 9-12 Tahun di Jabodetabek. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan karakteristik bencana alam pada Desember 2016­Agustus 2019, gempa bumi merupakan jenis bencana yang paling berdampak pada satuan pendidikan dan sekolah dasar merupakan satuan pendidikan yang paling banyak terdampak bencana yaitu sebanyak 43%. Namun saat ini media pembelajaran yang diberikan kurang menjelaskan langkah-langkah kesiapsiagaan gempa secara detail, sehingga terjadi kebingungan ketika mereka diharuskan untuk melakukan praktik dalam dunia nyata. Oleh karena itu, buku interaktif merupakan solusi untuk mengenal langkah kesiapsiagaan bencana gempa secara mendalam dan mengajak anak untuk melakukan aktivitas yang dapat membantu mereka untuk mempersiapkan diri sebelum terjadinya gempa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kualitatif yaitu melalui wawancara, studi pustaka, dan studi eksisting. Selain itu, metode kuantitatif dilakukan melalui kuesioner kepada orang tua dan anak-anak. Dari penelitian ini didapatkan big idea "Siap menjadi pahlawan kesiapsiagaan gempa melalui buku interaktif yang ceria", kemudian big idea tersebut diterapkan pada proses desain buku interaktif. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi pendamping kurikulum dalam mengajarkan edukasi bencana bagi anak-anak melalui cara yang menyenangkan dan bersahabat, serta mendapatkan dukungan dari pihak pemerintah, sekolah, dan keluarga.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: buku interaktif, kesiapsiagaan bencana, gempa bumi, anak
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 002 The book (writing, libraries, and book-related topics)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 Mar 2023 09:03
Last Modified: 04 Oct 2023 01:12
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24326

Actions (login required)

View Item View Item