Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Utang, dan Free Cash Flow terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Intervening

Auditha, Bella (2023) Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Utang, dan Free Cash Flow terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Intervening. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (480kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Nilai perusahaan adalah ukuran persepsi pasar modal akan perusahaan berkaitan dengan kinerjanya di masa kini dalam mengelola sumber daya yang dimiliki dan prospek perkembangan perusahaan di masa yang akan datang. Nilai perusahaan dalam penelitian ini diproksikan menggunakan rasio Price to Book Value (PBV). Rasio ini digunakan untuk mengukur berapa kali pasar saham menghargai saham suatu perusahaan dari nilai buku per lembar saham. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh profitabilitas yang diproksikan dengan Return on Asset (ROA), kebijakan utang yang diproksikan dengan Debt to Equity Ratio (DER), Free Cash Flow (FCF) terhadap nilai perusahaan yang diproksikan dengan Price to Book Value (PBV) dengan kebijakan dividen yang diproksikan dengan Dividend Payout Ratio (DPR) sebagai variabel intervening secara parsial dan simultan. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan non-keuangan yang termasuk dalam Kompas 100 pada periode 2018-2020. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan dengan data sekunder yang diuji menggunakan metode path analysis. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 14 perusahaan yang termasuk dalam Indeks Kompas100 dengan total observasi sebanyak 42 observasi yang memenuhi seluruh asumsi normalitas dan uji asumsi klasik, serta telah sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan Return on Asset (ROA), Debt to Equity Ratio (DER), Free Cash Flow (FCF), dan variabel intervening yaitu Dividend Payout Ratio (DPR) secara simultan atau bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel dependen yakni nilai perusahaan yang diproksikan dengan Price to Book Value (PBV). Selain itu, uji path analysis menunjukkan tidak ada pengaruh mediasi kebijakan dividen (DPR) dari profitabilitas (ROA) terhadap nilai perusahaan (PBV). Sedangkan profitabilitas (ROA) berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV). Kebijakan utang (DER) berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV) dengan kebijakan dividen (DPR) sebagai variabel intervening. Free cash flow berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV) dengan kebijakan dividen (DPR) sebagai variabel intervening.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: free cash flow, intervening, kebijakan dividen, kebijakan utang, nilai perusahaan, profitabilitas
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > 336 Public Finance
Divisions: Faculty of Business > Accounting
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 Mar 2023 09:03
Last Modified: 16 May 2023 07:53
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24327

Actions (login required)

View Item View Item