Perancangan Buku Ilustrasi Budaya Makan Besar Etnis Tionghoa bagi Remaja Tingkat Akhir Usia 17-25 Tahun

Sarita, Nathania (2023) Perancangan Buku Ilustrasi Budaya Makan Besar Etnis Tionghoa bagi Remaja Tingkat Akhir Usia 17-25 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (422kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)

Abstract

Budaya makan besar etnis Tionghoa merupakan rangkaian tradisi yang dilakukan secara turun temurun. Khususnya pada festival pergantian musim, rangkaian makan besar dilaksanakan sebanyak empat kali dalam setahun dengan makanan khas yang berbeda-beda. Dalam menjalankan rangkaian makan besar terdapat makanan khusus yang perlu dipersiapkan, namun sangat disayangkan pengetahuan mengenai makna dan rangkaian makan besar kerap kali hanya diketahui oleh orang tua dan tidak terdapat media informasi terpercaya mengenai pelaksanaan. Hal tersebut dapat berdampak pada krisis identitas generasi muda etnis Tionghoa pada generasi selanjutnya. Penggunaan metode penelitian kualitatif berupa wawancara dan FGD, serta metode kuantitatif berupa penyebaran kuesioner dilakukan untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai rangkaian makan besar dan tingkat pengetahuan masyarakat tentang makan besar etnis Tionghoa. Selain itu, penentuan studi eksisting dan referensi, serta tinjauan pustaka juga dilakukan untuk memperkaya informasi mengenai perancangan desain dan rangkaian makan besar. Hasil analisa yang dilakukan menyatakan bahwa target audiens telah mengetahui rangkaian makan besar tetapi tidak mengetahui makna dan festival yang di jalankan. Media informasi yang dirancang merupakan salah satu solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Maka dari itu, Penulis melakukan perancangan media informasi budadya makan besar etnis Tionghoa bagi remaja tingkat akhir usia 17-25 tahun.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Media Informasi, Makan Besar, Etnis Tionghoa, Pergantian Musim
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 002 The book (writing, libraries, and book-related topics)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 Mar 2023 09:03
Last Modified: 10 Oct 2023 00:22
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24331

Actions (login required)

View Item View Item