Pengaruh Sponsor-Event Congruence terhadap Sponsor Credibility, Attitude toward the Sponsor, dan Purchase Intention: Telaah pada Implora

Maretta, Angelia (2023) Pengaruh Sponsor-Event Congruence terhadap Sponsor Credibility, Attitude toward the Sponsor, dan Purchase Intention: Telaah pada Implora. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (53kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan industri kecantikan di Indonesia terus bertumbuh seiring dengan evolusi produk-produk kecantikan, termasuk produk dari brand kecantikan lokal. Salah satu merek kecantikan lokal yang sekaligus menjadi sponsor silver acara Jakarta x Beauty 2022, yaitu Implora pernah menduduki posisi pertama serum wajah terlaris pada Februari dan Maret 2022. Namun, setelah bertahan pada posisi pertama, Implora kemudian turun ke posisi 8 pada bulan Juni 2022. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh sponsorship pada salah satu event kecantikan terbesar di Indonesia, yaitu Jakarta x Beauty 2022 melalui sponsor-event congruence, sponsor credibility, serta attitude toward the sponsor terhadap purchase intention brand kecantikan lokal, yaitu Implora. Penelitian ini menggunakan descriptive research dengan teknik non-probability sampling, yakni judgmental sampling dimana responden harus memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Perolehan data berasal dari kuesioner dengan pengolahan data melalui aplikasi SPSS dan LISREL. Terdapat tiga hipotesis yang diuji melalui metode structural equation model (SEM) dengan jumlah sampel sebanyak 112 responden. Dalam penelitian ini terbukti bahwa sponsor-event congruence memiliki pengaruh positif terhadap sponsor credibility. Selanjutnya, sponsor credibility memiliki pengaruh positif terhadap attitude toward the sponsor, serta purchase intention yang dipengaruhi secara positif oleh attitude toward the sponsor. Penelitian ini dapat menjadi pertimbangan Implora dalam melakukan sponsorship di masa depan, serta memberikan kontribusi bagi penelitian selanjutnya yang serupa sehingga dapat memperoleh hasil penelitian yang lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Attitude toward the Sponsor, Sponsor-Event Congruence, Sponsor Credibility, Purchase Intention
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 640 Home and Family Management > 640 Home and Family Management > 640.7 Purchasing Guides
900 History and Geography > 900 History > 904 Collected Accounts of Events
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 Mar 2023 09:04
Last Modified: 27 Jun 2023 05:07
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24334

Actions (login required)

View Item View Item