Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Kepemilikan Institusional terhadap Kebijakan Dividen dengan Likuiditas sebagai Variabel Moderating

Alfianus Salim, Fransiskus (2022) Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Kepemilikan Institusional terhadap Kebijakan Dividen dengan Likuiditas sebagai Variabel Moderating. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (449kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kebijakan dividen merupakan suatu hal penting yang harus diketahui oleh perusahaan dengan tujuan agar perusahaan dapat membuat kebijakan dividen yang optimal, yaitu dapat mendukung keberlangsungan hidup perusahaan di masa depan (going concern). Selain itu, kebijakan dividen juga membantu investor dalam membuat keputusan sebelum memutuskan untuk berinvestasi dalam suatu perusahaan.Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, dan kepemilikan institusional terhadap kebijakan dividen dengan likuiditas sebagai variabel moderating, baik secara parsial maupun simultan. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan non-keuangan yang termasuk dalam Indeks LQ45 pada periode 2017-2020. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan dengan data sekunder yang diuji menggunakan metode moderated regression analysis. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 11 perusahaan yang termasuk dalam Indeks LQ45 yang memenuhi seluruh kriteria. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, dan kepemilikan institusional secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen dengan likuiditas sebagai variabel moderating. Secara parsial, leverage (DER) berpengaruh negatif signifikan terhadap kebijakan dividen (DPR) dengan likuiditas (CASH) sebagai variabel moderating, profitabilitas (ROE) berpengaruh negatif signifikan terhadap kebijakan dividen (DPR) dengan likuiditas (CASH) sebagai variabel moderating, ukuran perusahaan (logaritma natural total aset) dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh positif terhadap kebijakan dividen (DPR) dengan likuiditas (CASH) sebagai variabel moderating. Investor dapat memilih perusahaan dengan nilai DER yang rendah karena DER yang rendah dapat meningkatkan laba yang dibagikan dalam bentuk dividen tunai kepada investornya. Ketika laba yang dibagikan dalam bentuk dividen lebih tinggi dibandingkan laba yang diestimasikan untuk pemegang saham per lembar sahamnya, maka DPR akan meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: kebijakan dividen, kepemilikan institusional, leverage, likuiditas, profitabilitas, ukuran perusahaan
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > 333 Economics of Land and Energy > 333.3 Private Ownership of Land
Divisions: Faculty of Business > Accounting
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 Mar 2023 09:05
Last Modified: 16 May 2023 05:23
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24341

Actions (login required)

View Item View Item