Dampak Persepsi Generasi Z terhadap Informasi Media Sosial dalam Employer Branding pada Kasus E-Commerce (Shopee, Tokopedia, dan Blibli)

Anjelina, Anjelina (2023) Dampak Persepsi Generasi Z terhadap Informasi Media Sosial dalam Employer Branding pada Kasus E-Commerce (Shopee, Tokopedia, dan Blibli). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (971kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Sumber daya manusia memiliki peran penting bagi perusahaan mencapai keunggulan kompetitif. Fenomena perebutan kandidat berkompeten menjadi tantangan utama bagi perusahaan terutama bagi perusahaan yang tidak memiliki branding. Guna mendapatkan kandidat berkompetent, perusahaan dapat mengimplikasikan strategi employer branding melalui media sosial serta memahami pengaruh generasi Z melamar pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh pandangan generasi Z terhadap ketersediaan informasi dan employees sharing pada media sosial dalam membangun citra dan daya tarik perusahaan terhadap minat melamar kerja pada e-commerce Shopee, Tokopedia, dan Blibli. Penelitian ini menggunakan survey kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan judgement sampling dan sampel unit menggunakan "peraturan 10 kali". Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner secara online dan menguji hipotesis kepada 86 responden melalui software SmartPLS versi 3.0 Dalam penelitian ini menunjukkan information availability terhadap employer attractiveness dan employer brand image berpengaruh positif, employer brand image terhadap employer attractivenes generasi Z berpengaruh positif dan Employer attractiveness terhadap application intention berpengaruh positif. Namun, pada employee sharing melalui employer brand image dan employer attractiveness menunjukkan hasil tidak berpengaruh positif. Implementasi manajerial pada perusahaan era digital saat ini perlu menerapkan employer branding sebagai wadah meningkatkan pelamar kerja berkompeten agar mampu bersaing dalam perebutan kandidat berkompeten terutama kepada Generasi Z yang merupakan digital native.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Information Availability, Employees Sharing, Employer Brand Image, Employer Attractiveness, dan Application Intention.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 Mar 2023 09:06
Last Modified: 02 Jun 2023 05:27
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24344

Actions (login required)

View Item View Item