Perancangan Buku Ilustrasi untuk Mencegah Perasaan Self-Hatred pada Anak Usia 6-9 Tahun di Jabodetabek

Puja Gunawan, Vanessa (2023) Perancangan Buku Ilustrasi untuk Mencegah Perasaan Self-Hatred pada Anak Usia 6-9 Tahun di Jabodetabek. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (771kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (986kB)

Abstract

Anak-anak pada usia 6-9 tahun mengalami banyak pengalaman dan emosi baru dalam hidup mereka. Salah satu perubahan yang mereka alami adalah mulai mengimitasi apa yang mereka lihat di lingkungan sekitar mereka. Akan tetapi, keunikan setiap individu tidak dapat dipaksa mengikuti satu standar yang universal. Anak-anak pada usia 6-9 tahun juga belum pandai memahami emosi mereka, sehingga kesulitan mengerti fenomena tersebut akan membuat anak merasa diri mereka berbeda dari orang lain dan alhasil membenci diri sendiri. Dampak dari membenci diri atau self-hatred dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, mulai dari kesehatan fisik, mental, perilaku dalam pekerjaan, hubungan, dan lainnya. Namun, bila edukasi yang tepat diberikan pada anak dalam masa perkembangannya, maka perasaan self-hatred dapat dicegah dan berkurang. Oleh karena itu, penulis merancang media informasi berupa buku ilustrasi untuk mencegah self-hatred pada anak usia 6-9 tahun di Jabodetabek. Penulis menggunakan metode pengumpulan data mixed methods yang menggabungkan pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif. Melalui perancangan ini, penulis berharap perasaan self-hatred dapat dicegah sehingga anak-anak dapat tumbuh dengan lebih menghargai diri mereka sendiri.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Self-Hatred, Ilustrasi, Media, Informasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 002 The book (writing, libraries, and book-related topics)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 Mar 2023 09:12
Last Modified: 06 Oct 2023 00:22
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24379

Actions (login required)

View Item View Item