Veronika, Veronika (2023) Pengaruh Socio-Culture Environment, Social Perceptions, dan Entrepreneurial Orientation terhadap Women’s Entrepreneurial Intention. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (736kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (377kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (238kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (16MB) |
Abstract
Women entrepreneur memiliki potensi besar dalam meningkatkan roda perekonomian negara. Berdasarkan data dari BPS, 2021 menunjukan jumlah UMKM mencapai 64,2 juta dan berkontribusi terhadap PDB sebesar 60,51 persen. 37 juta dari 64,2 juta UMKM dikelola oleh perempuan dan berkontribusi terhadap PDB sebesar 9,1 persen. Meskipun UMKM di dominasi oleh perempuan, namun mayoritas UMKM perempuan masih mendominasi usaha mikro sebesar 95 persen. Padahal dengan potensi yang ada, women entrepreneur dapat mengembangkan usahanya. Hal ini dikarenakan berbagai faktor yang menjadi hambatan bagi women entrepreneur dalam berwirausaha sehingga women entrepreneur dalam menjalankan UMKM mengalami kesulitan untuk mengembangkan usahanya. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi women's entrepreneurial intention seperti socio-cultural environment, social perceptions, dan entrepreneurial orientation. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan menyebarkan kuisioner secara online dan offline pada kriteria sampel yaitu ibu rumah tangga pemilik UMKM di DKI Jakarta. Peneliti berhasil mengumpulkan sebanyak 172 responden dan mengelola data menggunakan software IBM SPSS 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa social-culture environment berpengaruh positif terhadap entrepreneurial orientation namun tidak berpengaruh positif terhadap women entrepreneurial intention. Sedangkan social perception berpengaruh positif terhadap entrepreneurial orientation dan women entrepreneurial intention. Selain itu entrepreneurial orientation berpengaruh positif terhadap women's entrepreneurial intention. Kemudian entrepreneurial orientation sebagai mediator mempengaruhi hubungan social-culture environment dan women's entrepreneurial intention namun tidak mempengaruhi hubungan social perception dengan women's entrepreneurial intention. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa socio-cultural environment berperan dalam mempengaruhi pertumbuhan entrepreneurial orientation, hasil pertumbuhan entrepreneurial orientation akan mempengaruhi peningkatan women entrepreneurial intention.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | entrepreneurial orientation, social-culture environment, social perception, women's entrepreneurial intention |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 305 Groups of People (Incl. social identity, Discrimination, Gender Equality, Social Status) > 305.3 Gender Groups |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 09:14 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 03:25 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24388 |
Actions (login required)
View Item |