⭐ Khalfan Reyhan Alie, Muhammad (2023) Perancangan Identitas Visual City Branding Kota Tarakan. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (465kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (929kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kota Tarakan merupakan sebuah kota pulau di Provinsi Kalimantan Utara. Dari dulu, Kota Tarakan dikenal sebagai sebuah kota transit karena letaknya yang strategis, dan juga sebagai pintu beranda untuk pergadangan antar negara Indonesia-Malaysia-Filipina. Kota Tarakan memiliki banyak potensi dan keunggulan di sektor pariwisata, perikanan, industri, dan pertambangan. Sektor pariwisata memiliki keunggulan terutama dalam wisata alam dan sejarah Kota Tarakan yang menjadi pintu masuknya penjajahan Jepang ke Indonesia, namun karena belum mempunyai identitas kota yang kuat, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengenal atau bahkan pernah mendengan nama Kota Tarakan. Adanya wacana untuk memindahkan Pemerintahan Pusat ke Pulau Kalimantan juga merupakan sebuah kesempatan bagi Kota Tarakan untuk menjadi salah satu destinasi wisata masyarakat Indonesia dan memperkenalkan Kota Tarakan ke masyarakat yang lebih luas. Untuk membentuk image dan persepsi yang baik di mata masyarakat, diperlukan adanya perancangan city branding agar dapat menarik wisatawan dan investor untuk datang. Penulis menggunakan mix method dalam pengumpulan data melalui wawancara, studi eksisting, dan kuesioner. Perancangan ini menggunakan metode perancangan Alina Wheeler dan Simon Anholt.
Actions (login required)
![]() |
View Item |
