Analisis Pengaruh Social Responsibility terhadap Perceived Consumer Effectiveness, Attitude, Trust dan Purchase Intention pada Produk Ramah Lingkungan Uniqlo (Series Doraemon Sustainability Mode)

Intan Primasari, Dhiajeng (2022) Analisis Pengaruh Social Responsibility terhadap Perceived Consumer Effectiveness, Attitude, Trust dan Purchase Intention pada Produk Ramah Lingkungan Uniqlo (Series Doraemon Sustainability Mode). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (950kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Industri fashion merupakan industri paling berpolusi kedua di dunia merujuk pada UN Conference of Trade and Development (UNCTAD), ini dikarenakan industri fashion selama proses produksi hingga sampai kepada end- user menyumbang banyak dampak negatif kepada alam. Uniqlo merupakan salah satu yang disebut sebagai fast fashion, yang didefinisikan sebagai model rantai pasok pakaian yang bertujuan untuk cepat beradaptasi dengan gaya pakaian terbaru dengan sering mengubah produk yang ditawarkan oleh retailer, merek fast fashion dipandang tidak ramah lingkungan karena sifatnya sendiri, ada banyak masalah dari tren fast fashion. Bersamaan dengan itu, konsumen semakin sadar dengan kekhawatiran mereka terhadap alam, sehingga menuntut banyak perusahaan untuk mulai beralih ke ramah lingkungan, salah satu perusahaan yang juga khawatir dan mendengat kekhawatiran masyarakat adalah Uniqlo. Uniqlo sebagai industri fast fashion berkomitmen untuk senantiasa berinovasi dan lebih mengutamakan bahan baku, dan proses produksi yang minim dampak terhadap lingkungan. Fenomena tersebut menjadi perhatian bagi peneliti apakah terdapat pengaruh jika sebuah industri fast fashion beralih pada kegiatan ramah lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui penyebaran kuesioner online yang ditujukan kepada responden Berusia 18-41 tahun, termasuk dalam generasi Millenial yang disebut sebagai Eco Hero, berdomisili di JABODETABEK, mengetahui ciri-ciri fast fashion, mengetahui brand Uniqlo, mengetahui Uniqlo memiliki program Corporate Social Responsibility, belum pernah membeli series Doraemon Sustainable Mode. Penelitian menggunakan 135 sampel, terdapat 6 hipotesis dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) melalui aplikasi Lisrel 8.8. Pada penelitian ini ditemukan bahwa terdapat hubungan positif antara Social Responsibility terhadap General Attitude, Trust terhadap Purchase Intention, dan Perceived Consumer Effectiveness terhadap Purchase Intention.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Tanggung Jawab Sosial, Kepercayaan, Sikap Umum, Efektivitas Konsumen yang Dirasakan, Niat Membeli
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 654.408 Social Responsibility Management, CSR
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 Mar 2023 09:17
Last Modified: 23 Jun 2023 01:17
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24406

Actions (login required)

View Item View Item