Thalia Ananto, Audrey (2022) Peranan Strategi Pertumbuhan Internal terhadap Pertumbuhan Shopee Indonesia. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (760kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (13MB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (482kB) |
||
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (309kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (20MB) |
||
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) |
Abstract
Shopee merupakan marketplace yang menghubungkan berbagai penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi online. Shopee bertujuan menawarkan pengalaman berbelanja dan berjualan online dengan berbagai macam jenis produk, serta berbagai jasa yang mudah digunakan dari beragam komunitas sosial. Dalam mewujudkan tujuan ini, Shopee memiliki departemen Business Development yang menjalankan beragam jenis proyek berfokus pada strategi pertumbuhan internal Shopee seperti memperluas pasar dan memperbaiki layanan yang sudah ada. Proyek MSIB yang dilaksanakan di Perusahaan Shopee Indonesia meliputi dua jenis yaitu proyek BBS (Beauty by Shopee) dan proyek BAU (Business as Usual). Proyek BBS bertujuan untuk menciptakan layanan yang memungkinkan pembeli dapat menghemat waktu dan biaya saat memesan produk kecantikan dari berbagai penjual. Sedangkan proyek BAU bertujuan untuk meningkatkan performa toko atau penjual dan juga memenuhi segala kebutuhan penjual di Shopee. Selama periode kerja magang, pemagang melakukan berbagai kegiatan yaitu pengumpulan koleksi penjual ke kampanye Shopee, pemeriksaan bukti kampanye dan approval penjual pada kampanye Shopee, pemenuhan kebutuhan penjual ritel, serta pengaturan lebih lanjut mengenai trading term (perjanjian kerja sama antara Shopee dan pemasok). Ada pula hasil yang diperoleh pemagang yaitu peningkatan kemampuan komunikasi, pengumpulan kampanye tepat waktu dan sesuai ketentuan, perolehan kesepakatan dan kepercayaan, peningkatan kemampuan beradaptasi, dan perluasan jaringan dalam dunia kerja. Dengan demikian, pemagang dapat mengatakan Shopee merupakan tempat magang yang tepat untuk memperluas wawasan dan mengasah kemampuan baik hard skill maupun soft skill. Terlebih, lingkungan kerja Shopee sangat nyaman dan menyenangkan dengan budaya saling menghargai dan mendukung yang selalu ditanamkan oleh Shopee kepada semua karyawannya.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Business Development, Strategi Pertumbuhan, Kebutuhan Penjual, Perjanjian Pemasok, kampanye Shopee |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 658.401 Planning and Strategic Management 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 658.402 Internal Organizations |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 13:01 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 06:08 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24417 |
Actions (login required)
View Item |