Pengaplikasian Ragam Walk Cycle Pada Film Pendek Animasi 3D “stratum”

Permatasari, Febe (2014) Pengaplikasian Ragam Walk Cycle Pada Film Pendek Animasi 3D “stratum”. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (970kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (709kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Sesuatu yang hidup adalah sesuatu yang mempunyai kemampuan untuk bergerak. Gerakan menjadi indikasi awal ketika seseorang menentukan sesuatu hidup atau tidak. Hal ini merupakan ciri khas dari semua makhluk hidup. Dalam proses animasi pun, pengetahuan akan gerakan menjadi kunci dalam menghasilkan suatu animasi yang „menghidupkan‟ tokoh. Dengan mengerti mekanisme sebuah gerakan, baik secara teori maupun visual, akan dihasilkan suatu animasi yang menarik dan dapat membawa audiens untuk „tenggelam‟ dalam cerita. Suatu alur cerita dapat dibentuk dari keputusan yang dibuat tokoh yang melibatkan emosinya. Emosi yang dilimpahkan melalui sebuah tindakan merupakan ekspresi hidup yang lebih dari sebuah gerakan. Emosi yang diekspresikan melalui bahasa tubuh, dan reaksinya terhadap suatu hal, adalah hal yang dapat membuat audiens dapat merasa terhubung dengan cerita kehidupan tokoh. Oleh karena itu, dalam tugas akhir ini, penulis membahas gerakan, khususnya walk cycle. Walk cycle merupakan salah satu hal yang selalu kita temui sehari-hari. Melalui pembahasan ini, penulis akan memaparkan teori dasar mengenai walk cycle, serta hal-hal apa saja yang dapat membuat walk cycle dapat menggambarkan beberapa macam emosi. Penulis juga menyertakan analisa literatur terhadap video referensi tentang walk cycle tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi berbagai macam walk cycle dalam film pendek animasi 3D “Stratum”, dimana teknik dasar walk cycle akan dipadukan dengan berbagai macam emosi yang diekspresikan melalui bahasa tubuh. Melalui hasil yang dicapai, akan ditemukan suatu pengertian akan teknik yang tepat dalam menganimasikan walk cycle yang menggambarkan berbagai macam emosi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 700 Arts and Recreation
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 777 Cinematography (Incl. Animation Film / Movie; Animated cartoons)
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 29 Aug 2017 04:34
Last Modified: 10 Feb 2023 06:30
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/2459

Actions (login required)

View Item View Item