"Alur Proses Produksi Gaskets dengan Implementasi 4M (Material, Machines, Man, and Method ) Sesuai Konsep 5S di PT. Nippon Leakless Indonesia"

Mirwan Hadi, Dinan (2022) "Alur Proses Produksi Gaskets dengan Implementasi 4M (Material, Machines, Man, and Method ) Sesuai Konsep 5S di PT. Nippon Leakless Indonesia". MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Dalam satu unit kendaraan bermotor, terdapat beberapa komponen di dalamnya. Komponen yang sangat penting untuk rangkaian mesin yaitu gaskets. Fungsi terciptanya gaskets tergantung pada penempatan komponen kendaraan bermotor. Kegunaan gaskets umumnya mencegah kebocoran ketika mesin sedang bekerja. Salah satu pembuat gasket yang sudah cukup lama di Indonesia yaitu PT. Nippon Leakless Indonesia. Grup NLK Corporation sudah lama memproduksi gaskets dan mempunyai cabang di seluruh dunia dalam memproduksi gaskets. Agar menciptakan kualitas produk yang terbaik, PT.NLK Indonesia menetapkan standar mutu pada setiap produknya. Standar yang dimiliki PT.NLK Indonesia sudah bersertifikat ISO 9001. Dengan adanya standarisasi tersebut, PT. NLK Indonesia menjamin bahwa produk yang mereka hasilkan merupakan produk yang berkualitas untuk para konsumennya. Karena kepuasaan pelanggan adalah prioritas utama PT. NLK Indonesia. Selama penulis melakukan praktik kerja magang di industri manufaktur, terdapat berbagai proses untuk memproduksi sebuah gasket. Setiap kegiatan produksi yang dilakukan oleh PT. NLK Indonesia selalu memperhatikan kualitas. Pengendalian kualitas ini selalu dijaga agar dapat menjaga komitmen kepada konsumen PT. NLK Indonesia. Terdapat berbagai upaya dalam menjaga komitmen yang dilakukan oleh PT. NLK Indonesia. Seperti menggunakan konsep Kaizen dengan teknik 4M (Material, Method, Machine,dan Man) dalam mengidentifikasi permasalahan yang terjadi. Agar konsep Kaizen dapat dilakukan dan diterapkan secara berulang-ulang maka dibutuhkan konsistensi dalam pelaksanaannya. Hal ini seiring dengan konsep 5S yang sudah menjadi budaya perusahaan manufaktur Jepang. Banyak pengalaman dan juga ilmu yang penulis dapat di PT. NLK Indonesia. Terutama pada departemen produksi. Semua pengetahuan, pengalaman, dan juga wawasan tentang produksi membantu penulis dalam meningkatkan soft skills dan hard skills.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: kualitas, Kaizen, implementasi 4M, konsep 5S
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.3 Artificial Intelligence, Machine Learning, Pattern Recognition, Data Mining
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.5 Management of Production
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 14 Mar 2023 16:30
Last Modified: 27 Jun 2023 06:50
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24601

Actions (login required)

View Item View Item