Mirwan Hadi, Dinan (2022) "Alur Proses Produksi Gaskets dengan Implementasi 4M (Material, Machines, Man, and Method ) Sesuai Konsep 5S di PT. Nippon Leakless Indonesia". MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB_I.pdf Restricted to Repository staff only Download (386kB) |
|
![]() |
Text
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (525kB) |
|
![]() |
Text
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
![]() |
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
|
![]() |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) |
Abstract
Dalam satu unit kendaraan bermotor, terdapat beberapa komponen di dalamnya. Komponen yang sangat penting untuk rangkaian mesin yaitu gaskets. Fungsi terciptanya gaskets tergantung pada penempatan komponen kendaraan bermotor. Kegunaan gaskets umumnya mencegah kebocoran ketika mesin sedang bekerja. Salah satu pembuat gasket yang sudah cukup lama di Indonesia yaitu PT. Nippon Leakless Indonesia. Grup NLK Corporation sudah lama memproduksi gaskets dan mempunyai cabang di seluruh dunia dalam memproduksi gaskets. Agar menciptakan kualitas produk yang terbaik, PT.NLK Indonesia menetapkan standar mutu pada setiap produknya. Standar yang dimiliki PT.NLK Indonesia sudah bersertifikat ISO 9001. Dengan adanya standarisasi tersebut, PT. NLK Indonesia menjamin bahwa produk yang mereka hasilkan merupakan produk yang berkualitas untuk para konsumennya. Karena kepuasaan pelanggan adalah prioritas utama PT. NLK Indonesia. Selama penulis melakukan praktik kerja magang di industri manufaktur, terdapat berbagai proses untuk memproduksi sebuah gasket. Setiap kegiatan produksi yang dilakukan oleh PT. NLK Indonesia selalu memperhatikan kualitas. Pengendalian kualitas ini selalu dijaga agar dapat menjaga komitmen kepada konsumen PT. NLK Indonesia. Terdapat berbagai upaya dalam menjaga komitmen yang dilakukan oleh PT. NLK Indonesia. Seperti menggunakan konsep Kaizen dengan teknik 4M (Material, Method, Machine,dan Man) dalam mengidentifikasi permasalahan yang terjadi. Agar konsep Kaizen dapat dilakukan dan diterapkan secara berulang-ulang maka dibutuhkan konsistensi dalam pelaksanaannya. Hal ini seiring dengan konsep 5S yang sudah menjadi budaya perusahaan manufaktur Jepang. Banyak pengalaman dan juga ilmu yang penulis dapat di PT. NLK Indonesia. Terutama pada departemen produksi. Semua pengetahuan, pengalaman, dan juga wawasan tentang produksi membantu penulis dalam meningkatkan soft skills dan hard skills.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | kualitas, Kaizen, implementasi 4M, konsep 5S |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.3 Artificial Intelligence, Machine Learning, Pattern Recognition, Data Mining 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.5 Management of Production |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 14 Mar 2023 16:30 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 01:28 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24601 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |