Fransisca, Fransisca (2022) Perancangan Gerakan Animasi dalam Preview Animasi Pendek "Wani Dadi Geni". MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (651kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (260kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
||
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) |
Abstract
Animasi berasal dari bahasa Latin, "animare" yang memiliki arti untuk menghidupkan atau memberikan nafas (Jean, 2005). Alasan pemilihan perancangan gerakan animasi tiga tokoh dikarenakan perancangan animasi menggunakan teknik yang berbeda yaitu dengan penggunaan duik bassel, puppet pin tool, dan penggunaan parent & link pada After Effect. Perancangan animasi dimulai dengan pengamatan yang dilakukan dengan melihat acuan dari referensi di kehidupan nyata dan animasi. Dilanjutkan dengan studi pustaka beberapa teori seperti animasi, animasi 2D, printip animasi, run cycle, dan walk cycle. Setelah itu, penulis melakukan perancangan langsung di After Effect. Hasil penelitian dari analisis bisa disimpulkan bahwa dalam animasi terdapat penerapan dari prinsip animasi. Pada animasi tokoh babi terlihat adanya penggunaan prinsip squash and stretch, follow through, dan exaggeration. Selain itu, puppet yang digunakan membantu penerapan squash and stretch karena dapat mengatur bagian tubuh tokoh yang statis dan bergerak sehingga memberikan efek lentur pada tokoh. Animasi tokoh pianika menggunakan prinsip exaggeration, dan follow through. Animasi tokoh Nakulo menggunakan prinsip exaggeration, follow through, dan anticipation. Dari hasil penelitian ini, penulis dapat mempelajari mengenai pentingnya perencanaan animasi yang baik. Adapun keterbatasan penulis dalam menganalisis penerapan prinsip animasi karena kendala teknis seperti duik bassel dari tokoh pianika membuat file cukup berat sehingga pergerakan tokoh kurang maksimal. Duik bassel tidak digunakan di tokoh Nakulo dikarenakan kendala tersebut sehingga digunakan alternatif parent & link untuk perancangannya.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Character animation, Perancangan Animasi, 12 prinsip animasi |
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 777 Cinematography (Incl. Animation Film / Movie; Animated cartoons) |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Film & Animation |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 14 Mar 2023 17:29 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 01:51 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24620 |
Actions (login required)
View Item |